5 Mafia Narkoba Paling Ganas Sedunia dan Sulit Diringkus Polisi

Jumat, 29 November 2019 16:06 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
5 Mafia Narkoba Paling Ganas Sedunia dan Sulit Diringkus Polisi Joaquin Guzman, kartel besar Meksiko. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Pengedaran narkoba layak diburu dan dibasmi hingga akarnya. Sayangnya, memberantas zat adiktif ini sungguh sulit untuk dilakukan. Hal itu karena terdapat organisasi rahasia atau mafia narkoba yang menjalankan bisnis haram tersebut sangat rapi.

Segala upaya telah ditorehkan dan terbukti tidaklah mudah menangkap para mafia. Seringkali polisi hanya menangkap bawahan dari para bos yang dengan santai duduk manis di atas kekuasaannya. Parahnya, hampir semua mafia di dunia berani melakukan tindakan ganas atau berbahaya bila kekuasaannya terusik.

Tak jarang para mafia tersebut menyekap hingga membunuh para pelaku yang mengusiknya. Dari sekian banyak mafia narkoba di dunia, ada beberapa kelompok yang paling ganas. Siapa sajakah mereka? Langsung saja simak informasinya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Griselda Blanco

Tidak semua kartel narkoba merupakan sosok seorang pria, Griselda Blaco contohnya. Griselda, kartel asal Kolombia ini dijuluki sebagai 'La Madrina' atau 'The Godmother'. Wanita ini juga disebut sebagai titisan kartel legendaris Pablo Escobar.

Kiprahnya bermula saat dirinya sukses menyelundupkan kokain pada tahun 70an. Saat itu, Griselda menyembunyikan barang terlarang tersebut pada pakaian dalamnya. Tidak tanggung-tanggung, dirinya bertolak dari Kolombia menuju New York saat menyelundupkannya.

 /></p>
<p style=addictcenter.org

Meskipun sempat terjegal di tahun 1975, tidak lama setelahnya Griselda kembali menginvasi Miami, Amerika Serikat. Hingga tahun 80an, Griselda mewarnai perdagangan narkoba di Miami yang memiliki ciri warna putih-merah. Putih melambangkan kokain, sedangkan merah mengartikan aksi pertumpahan darah dalam bisnis ini.

Meski Griselda berada di balik jeruji besi, dirinya masih sempat menjadi otak di balik percobaan penculikan pada pengacara ternama Amerika Serikat, John F. Kennedy, Jr.

2 dari 5 halaman

Matteo Messina Denaro

Jika Griselda Blanco dijuluki sebagai 'The Godmother', maka Matteo Messina Denaro dikatakan sebagai 'The Godfather'. Matteo Messina Denaro merupakan seorang 'capo dei capi of the Sicilian Mafia' dari Sicily, Italia.

Sebagai mafia sekaligus distributor narkoba di kawasan selatan Eropa membuatnya menjadi incaran unit polisi antinarkoba sedunia. Matteo memang dikenal pandai menjalani sebuah bisnis. Bahkan, dari sebuah sumber mengatakan bila Matteo merupakan bos dari segala bos mafia berkat kiprahnya.

Berkat segala keuntungan yang diraihnya, Matteo menjadi kaya raya. Sayangnya, Matteo diketahui senang bermain dengan wanita. Meski dijumpai oleh beberapa wanita, namun pihak kepolisian Italia tahun 2011 tidak berhasil menangkapnya. Bak belut, Matteo selalu berhasil kabur dari incaran para para polisi. Hingga para polisi menyebutnya sebagai top mafia kelas dunia.

3 dari 5 halaman

Semion Mogilevich

Semion Mogilevich masuk ke dalam daftar penjahat paling berbahaya di dunia. Hal itu karena setiap aksi yang dilakukan oleh Semion akan berlangsung secara rapi dan terorganisir dengan baik. Ada yang menarik dari mafia berbahaya yang satu ini.

Meskipun Semion berasal dari Ukraina, namun konon darah mafia yang mengalir diturunkan dari pemimpin mafia asal Rusia. Kehebatannya tak hanya itu saja. Semion juga diketahui sangat cerdas dalam mengatur perekonomian. Tak heran bila Semion mendapatkan nama lain berupa 'Don Semyon' dan 'The Brainy Don'.

Perlu diketahui, jaringan narkoba miliknya termasuk paling besar di Eropa Timur. Bahkan, sindikatnya mendapat julukan salah satu kriminal paling licin sedunia. Julukan tersebut sesuai dengan beberapa aksi yang dilakukannya seperti penyelundupan narkoba, perjudian ilegal, pemerasan, penculikan hingga pembunuhan.

Semion juga dikenal sebagai seorang yang kebal hukum akibat perlindungan dari berbagai sudut, salah satunya dari para politisi. Hal inilah yang membuat FBI menuliskan nama Semion dalam 10 besar dari 494 orang paling dicari di dunia dalam data rilis yang dikeluarkan pada 22 Oktober 2009, silam.

4 dari 5 halaman

Joaquin Guzman

Joaquin 'El Chapo' Guzman, pria asal Meksiko inilah yang bertanggung jawab atas perang antar kelompok sepanjang 2007 lalu. Akibat perbuatannya tersebut, setidaknya ada lebih dari 100 ribu orang tewas, termasuk warga negara Amerika Serikat.

El Chapo juga diketahui menjadi pemimpin kartel Sinaloa, jaringan pemasok narkoba paling berkuasa di dunia. Bahkan, disebut-sebut El Chapo memiliki akses untuk mengancam presiden Meksiko.

 /></p>
<p style=2015 Merdeka.com

El Chapo juga telah berkali-kali mendekam di balik jeruji besi, namun sebanyak itu juga dirinya berhasil kabur. Mengingat betapa licik dan cerdasnya El Chapo untuk keluar dari penjara, Badan Anti-Narkotika Amerika Serikat (DEA) langsung meningkatkan kewaspadaan.

Berkat El Chapo juga, situasi di perbatasan kedua negara tersebut jadi meregang. El Chapo sendiri merupakan mafia narkoba paling diburu DEA selama dua dekade terakhir. Sejak lama juga, Amerika Serikat menuntut pemerintah Meksiko untuk mengekstradisi El Chapo.

5 dari 5 halaman

Vicente Carrillo Fuentes

Vicente Carrillo Fuentes juga menjadi salah satu bos mafia berbahaya di dunia. Basis pengedaran narkoba pria asal Meksiko ini juga berkembang luas di Ciudad Juarez, Chihuahua, Meksiko, Texas hingga Amerika Serikat. Vicente dikenal sebagai sosok misterius. Dirinya diduga telah menjalani beberapa kali operasi plastik untuk kabur ke beberapa negara.

Sama seperti pada mafia lainnya, penyiksaan dan kekerasan menjadikan kelompok Vicente ditakuti banyak orang. Parahnya, kelompok mafia ini memiliki kebiasaan memutilasi dan membuangnya di tempat umum. Tindakan ini jugalah yang menjadi ciri khas dari kelompok mafia Vicente.

Kesuksesannya dalam mengelola bisnis haram ini mengantarkan kelompok Vicente sebagai penjahat terkaya dalam sejarah. Bahkan, menurut sebuah artikel pihak berwajib Amerika Serikat sampai memberikan penawaran uang dalam jumlah besar kepada siapa saja yang mampu memberikan informasi mengenai keberadaan kelompok mafia paling berbahaya yang satu ini.

[tan]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini