5 Jenis Wirausaha yang Menjanjikan, Cocok Digeluti oleh Anak-Anak Muda

Selasa, 21 Juni 2022 10:42 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
5 Jenis Wirausaha yang Menjanjikan, Cocok Digeluti oleh Anak-Anak Muda Ilustrasi bisnis. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/violetkaipa

Merdeka.com - Ada beragam jenis wirausaha yang menjanjikan untuk dijalankan. Baik itu bisnis kecil-kecilan tanpa modal, dengan modal kecil, mengandalkan internet, memanfaatkan keterampilan hingga bisnis besar dengan memperkerjakan banyak orang. Seiring berkembangnya zaman, bisnis banyak diminati oleh para anak muda.

Selain itu, anak muda zaman sekarang juga banyak memiliki keterampilan yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari memasak, bermain sosial media, bermain game, merancang sebuah acara hingga keterampilan mengambil gambar maupun video. Keterampilan-keterampilan ini pun mampu menjadi sebuah ide bisnis bagi anak-anak muda.

Bahkan, jenis wirausaha tersebut cukup menjanjikan dan sangat cocok digeluti oleh mereka. Namun perlu diingat, niat berwirausaha memiliki peranan penting dalam keberlangsungan usaha. Sebab, pengusaha sukses harus siap tahan banting dengan untung dan rugi di masa awal membuka beragam jenis wirausaha.

Lantas apa saja jenis wirausaha yang menjanjikan dan cocok digeluti oleh anak-anak muda? Melansir dari berbagai sumber, Selasa (21/6), simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 6 halaman

1. Wedding Organizer

Jenis wirausaha pertama yang bisa dicoba adalah wedding organizer. Tidak perlu khawatir, kalian cukup bermodalkan kreativitas mampu membangun usaha ini.

Kalian juga tidak perlu susah payah mencari sponsor agar mendapatkan uang yang akan digunakan untuk menyewa vendor. Sebab, sumber utama keuangan acara pernikahan berasal dari calon pengantin itu sendiri.

Bisa dikatakan, kalian sama sekali tidak perlu mengeluarkan uang. Cukup hanya dengan bermodalkan pengetahuan dalam menjalankan sebuah acara pernikahan dan kreativitas.

3 dari 6 halaman

2. Menjual Foto atau Video Online

Sebagian orang sering kali membidik kamera pada objek yang menurutnya menarik. Baik itu pemandangan, makanan, satwa liar, tumbuhan hingga kosmetik sekalipun. Akan tetapi terkadang foto atau video yang diambil hanya tersimpan di dalam galeri ponsel atau laptop. Padahal, foto dan video tersebut bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Sebab, kalian dapat menjual karya foto atau video ke bermacam basis penyuplai foto. Mulai dari Fotolia, Shutterstock, Dreamstime, iStockphoto hingga FreeDigitalPhotos. Ini juga menjadi salah satu jenis wirausaha yang menjanjikan dan cocok digeluti oleh anak-anak muda.

Apalagi kalian bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan dari internet di mana akan berbentuk komisi dari tiap foto yang diunduh atau dibeli orang. Besar komisi pun bervariatif, mulai dari 20-45 persen dari harga jual.

4 dari 6 halaman

3. Dropshipper

Jenis wirausaha ketiga yang bisa dicoba yaitu dropshipper. Menariknya, usaha ini tidak membuat kalian mengeluarkan modal yang cukup besar. Kalian hanya memerlukan laptop atau PC, ponsel hingga jaringan internet.

Oleh karena itu, dropshipper cocok dijadikan usaha yang menjanjikan oleh anak-anak muda. Terlebih anak-anak muda lebih mengerti barang mana saja yang memiliki nilai jual tinggi namun dengan harga rendah.

Kelebihan dari dropshipper adalah pengiriman barang dilakukan dari produsen atau vendor ke pelanggan secara langsung tanpa perantara. Itu artinya, kalian tidak perlu susah payah untuk menyediakan stok dan mengirimkannya ke pelanggan.

5 dari 6 halaman

4. Jasa Titip

Jenis wirausaha berikutnya yang bisa dicoba oleh anak-anak muda adalah jasa titip. Tak bisa dipungkiri, saat ini banyak dari orang-orang yang tertarik membeli barang di marketplace atau toko online dari negara lain. Misalnya seperti Amazon, eBay hingga IndieGogo.

Akan tetapi, banyak calon konsumen gagal membeli karena tidak memiliki kartu kredit atau account PayPal. Bagi kalian yang memiliki kartu kredit atau account PayPal, ini bisa menjadi kesempatan emas untuk mengantongi untung.

Kalian bisa menawarkan layanan titip pembelian barang dari situs-situs tersebut. Tentu saja dengan menempatkan biaya layanan pembelian sejumlah 5-15 persen dari harga barang. Tak hanya itu, kalian juga bisa menawarkan layanan titip pembelian bagi masyarakat yang tertarik membeli barang-barang unik ataupun mewah di luar negeri. Pembelian tersebut dilakukan saat kalian berpergian ke negara-negara lainnya.

6 dari 6 halaman

5. Program Periklanan Website

Jenis wirausaha selanjutnya yang bisa dicoba oleh anak-anak muda yakni program periklanan website. Jika kalian mengunjungi blog, tentu pernah menemukan space iklan di blog atau website.

Blog atau website dapat didaftarkan dalam program Google Adsense yakni program pengiklanan yang dimiliki oleh Google. Publisher pun akan mendapatkan penghasilan dari klik iklan Goodle Adsense yang ada di blog mereka. Program tersebut disebut dengan Pay Per Click (PPC), di mana publisher akan dibayar setiap klik yang dilakukan oleh visitor website atau blog tersebut.

Biaya per klik iklan ini telah ditentukan oleh Advertiser (pengiklan) dengan sistem bid terlebih dahulu. Selain Google Adsense, terdapat banyak perusahaan lain yang menawarkan kesempatan kepada para publisher untuk memperoleh penghasilan dari situs mereka.

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini