3 Eks Ajudan Presiden RI Punya Karier Moncer, Ada Jenderal TNI dan Kapolri

Selasa, 5 Januari 2021 09:20 Reporter : Mutia Anggraini
3 Eks Ajudan Presiden RI Punya Karier Moncer, Ada Jenderal TNI dan Kapolri Jenderal Sutarman. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Menjadi abdi negara di bidang militer merupakan cita-cita bagi sebagian masyarakat. Namun, untuk mendapatkannya bukanlah suatu hal yang mudah.

Saat resmi menjadi jebolan Akademi Kepolisian dan Militer, para prajurit harus bersaing ketat menapaki kariernya. Mereka sama-sama memiliki peluang untuk menjadi jenderal.

Dalam catatan sejarah, beberapa prajurit mantan ajudan orang nomor satu di Indonesia, bisa duduk jadi orang nomor satu di TNI atau Polri.

Berikut 5 eks ajudan presiden yang mengukir karier gemilang di Tanah Air.

2 dari 4 halaman

Jenderal Budi Gunawan

Mantan ajudan presiden yang tak kalah memiliki karier cemerlang adalah Jenderal Budi Gunawan. Budi mulai dikenal saat menjadi ajudan Presiden Megawati pada 2001-2004.

budi gunawan rapat dengan komisi i dpr
©Liputan6.com/Johan Tallo

Ia lantas menyandang sebagai jenderal termuda pada tahun 2004-2006 dengan sukses menyabet pangkat jenderal bintang satu (brigadir jenderal) Kepala Biro Pembinaan Karyawan Polri. Tahun 2008, ia menjabat sebagai Kapolda Jambi.

Tak lama, ia kemudian menyandang jabatan sebagai Kepala Divisi Pembinaan Hukum Polri pada 2009-2010. Budi merupakan mantan Wakapolri. Budi pensiun dengan pangkat jenderal dan hingga kini masih dipercaya menjadi Kepala BIN.

3 dari 4 halaman

Jenderal TNI Tri Sutrisno

Tri Sutrisno merupakan salah satu bekas ajudan yang dekat Presiden Soeharto . Tri Sutrisno menjadi ajudan dari 1974 sampai 1978. Setelah itu kariernya pun melesat hingga menjadi kepala staf angkatan darat dan Panglima ABRI.

Setelah pensiun dengan pangkat jenderal, mantan Pangdam Jaya itu kembali dipercaya Soeharto. Jenderal kelahiran Surabaya ini ditunjuk menjadi wakil presiden Indonesia periode 1993 hingga 1998.

Sebelum terpilih menjadi ajudan Soeharto, Tri Sutrisno berhasil menamatkan pendidikan militernya di ATEKAD pada tahun 1959. Saat memasuki ABRI, ia pun lantas dikirim ke Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad).

4 dari 4 halaman

Jenderal Sutarman

Jenderal Sutarman pernah menduduki sejumlah jabatan penting di sepanjang kariernya. Tahun 2000, dia adalah Ajudan Presiden RI pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid. Kemudian pada akhir 2004, dia pernah menjabat sebagai Kapolwiltabes Surabaya, lalu ia berhasil menjabat sebagai Kapolda Kepri, Kaselapa Lemdiklat Polri, Kapolda Jawa Barat, dan Kapolda Metro Jaya.

jenderal purn sutarman
©Istimewa

Komisaris Jenderal Pol Sutarman resmi menjabat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Pol Timur Pradopo. Jabatan nomor satu di Korps Bhayangkara ini diembannya usai menjalani pelantikan yang dipimpin langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara pada tahun 2013 silam. [mta]

Baca juga:
Jejak Tiga Pensiunan Jenderal TNI di Dunia Telik Sandi, Penuh Misteri
Kisah Anak Babinsa Sukses Jadi Jenderal TNI, Angkat 6 Yatim Piatu Jadi Anak
Lika-liku Perjuangan Prajurit TNI Hingga Jadi Petinggi, Jual Kue Sampai Ikut Perang
Momen Jenderal TNI Bertemu Guru Sekolahnya, Sampai Cium Tangan dan Hormat
Cetak Sejarah, Ini Dua Jenderal Angkatan Laut dan Udara Pertama jadi Panglima TNI
Deretan Lulusan Terbaik Akmil TNI yang Raih Pangkat Jenderal, Dua jadi Panglima

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini