5 Cara Hilangkan Bau Kaki, Harus Dicoba

Selasa, 26 November 2019 14:51 Reporter : Billy Adytya
5 Cara Hilangkan Bau Kaki, Harus Dicoba Ilustrasi Sepatu. ©mocah.org

Merdeka.com - Cara menghilangkan bau kaki ini harus dicoba untuk Anda yang sering memiliki masalah dengan bau kaki. Bau yang muncul pada kaki biasanya akan tercium ketika Anda memakai sepatu dalam waktu yang cukup lama.

Jika Anda sedang memakai sepatu biasanya bau tidak akan mencium. Akan tetapi bau akan semerbak tercium ketika Anda membukanya. Hal ini akan sangat membuat Anda malu dan membuat orang yang ikut mencium baunya merasa tidak nyaman.

Dengan begitu juga secara tidak sadar Anda membuat citra jelek untuk diri sendiri. Anda bisa saja dianggap orang lain sebagai orang yang jorok dan tidak pernah merawat diri sendiri. Hal itu dapat terjadi karena bau kaki yang sangat menyengat.

Bau kaki ini disebabkan oleh beberapa hal seperti kurang menjaga kebersihan kaki dan jarang mengganti kaos kaki. Kemudian adanya keringat berlebihan. Selalu menggunakan sepatu yang sama dengan jarang menjemurnya, ini akan membuat kaki Anda bau.

Jika Anda tidak ingin malu di hadapan orang banyak karena bau kaki menyerang, maka mulai saat ini Anda perlu melakukan cara ini agar bau pada kaki bisa hilang. Berikut cara menghilangkan bau kaki yang sudah dirangkum merdeka.com dari beberapa sumber yang ada:

1 dari 5 halaman

Memotong kuku kaki

Untuk menghindari bau kaki yang sangat mengganggu, Anda harus memotong kuku kaki secara rutin. Sebab, kuku kaki tidak terawat atau dibiarkan memanjang dapat menjadi tempat paling nyaman bagi bakteri-bakteri penyebab bau kaki Anda. Mulai saat ini biasakan selalu memotong kuku kaki Anda dan jangan lupa untuk membersihkan pinggiran kuku pada kaki Anda.

2 dari 5 halaman

Menjaga kaki agar tetap kering

Setelah Anda melakukan aktivitas dengan melibatkan air, pastikan bahwa kaki Anda sudah benar-benar kering. Aktivitas yang dimaksud seperti misal mandi ataupun berenang. Karena bau kaki dapat dipicu karena adanya kelembaban yang terjadi pada kaki Anda.

Ketika Anda memakai sepatu pastikan membawa kaos kaki cadangan sehingga bisa menggantinya dengan yang baru ketika kaki mulai sedikit berkeringat. Dengan begitu Anda akan bebas dari bau kaki membandel.

3 dari 5 halaman

Merendam kaki dengan air garam

Garam adalah senyawa mineral dengan daya serap sangat tinggi. Hal itu mampu membuatnya dapat menurunkan kadar kelambaban yang terjadi pada kulit kaki Anda. Kelembaban merupakan penyebab dari bau kaki itu muncul. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk Anda agar merendam kaki yang bau menggunakan air garam.

Caranya dengan melarutkan garam dapur sebanyak 4-5 sendok ke dalam air hangat dan rendam kaki Anda setelah beraktivitas setiap hari. Perlu Anda ketahui bahwa cara ini juga baik untuk meregangkan otot di kaki Anda.

4 dari 5 halaman

Hindari pemakaian sepatu berbahan plastik

Agar Anda tidak mendapati bau kaki menyengat, sebaiknya jangan gunakan sepatu yang berbahan plastik atau jelly. Itu dapat menyebabkan kaki lebih cepat berkeringat karena tidak memiliki ruang dan daya serap. Keringat tidak akan bisa keluar dari dalam sepatu sehingga kaki Anda menjadi bau. Usahakan memakai sepatu yang memiliki ruang dapat menyerap keringat, sehingga lebih minim menghasilkan keringat.

5 dari 5 halaman

Gunakan kaos kaki berbahan katun

Untuk menghindari bau pada kaki Anda, gunakanlah kaos kaki yang terbuat dari kain katun. Katun dapat menyerap keringat dengan sangat sempurna. Ini membuat keringat yang keluar tidak akan menempel pada kaki dan membuatnya bau. Jadi ketika mengenakan sepatu, sudah saatnya Anda mengganti kaos kaki Anda dengan kaos kaki berbahan katun.

Itu tadi cara hilangkan bau kaki yang harus Anda coba mulai dari sekarang. Selamat mencoba.

[bil]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini