11 Macam Makanan yang Patut Dikonsumsi Selama Menstruasi

Rabu, 5 Februari 2020 11:40 Reporter : Kurnia Azizah
11 Macam Makanan yang Patut Dikonsumsi Selama Menstruasi Ilustrasi makanan sehat. © Healing Lifestyles & Spas

Merdeka.com - Masa menstruasi selalu menjadi momok dan kekhawatiran tersendiri bagi setiap wanita. Hari-hari mendekati masa tersebut akan dilalui denganmood yang tidak terkontrol.

Kondisi PMS atau Pre Menstrual Syndrome biasa dialami wanita pada masa sebelum, ketika menstruasi, dan sesudahnya. Pada masa menstruasi beberapa wanita akan mengalami keluhan tidak hanya pada mentalnya, namun juga fisik.

Rasa sakit yang ditimbulkan pada setiap wanita bermacam-macam, ada yang hingga sakit kepala, nyeri sendi, migrain dan lemas. Pada masa menstruasi ada banyak makanan yang patut dikonsumsi agar tetap sehat.

Berikut macam-macam makanan yang patut dikonsumsi selama menstruasi, sebagai bentuk menjaga kondisi tubuh wanita supaya tetap sehat, sebagai berikut :

1 dari 8 halaman

Makanan Tinggi Zat Besi

zat besi rev1

Macam makanan yang patut dikonsumsi selama menstruasi pastinya yang mengandung tinggi senyawa zat besi. Kandungan tersebut akan membantu tubuh memproduksi sel darah merah baru dan mengatasi risiko anemia.

Pada saat menstruasi Anda bisa menjaga tubuh dari kondisi kehilangan banyak darah tersebut dengan mengonsumsi makanan, seperti daging, hati, sayuran hijau, sereal, ikan laut, atau unggas.

Zat besi akan berperan meningkatkan pasokan nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh lebih optimal. Lancarnya aliran oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh akan mencegah Anda mengalami sakit kepala.

2 dari 8 halaman

Makanan Kaya Serat

serat rev1

Macam makanan yang patut dikonsumsi selama menstruasi ialah yang kaya akan serat. Makanan dengan serat alami yang tinggi akan membantu mengatasi segala masalah pencernaan yang sering muncul ketika PMS.

Makanan kaya serat seperti gandum, kiwi, jeruk, lemon, pepaya, dan sayuran hijau. Serat tersebut juga mengatasi kembung ketika menstruasi dan mencegah konstipasi.

3 dari 8 halaman

Makanan Tinggi Kalsium

kalsium rev1

Mengutip dari liputan6.com bahwa beberapa penelitian menunjukkan bahwa kalsium bisa mengurangi nyeri ketika PMS. Mendekati hari dan ketika masa menstruasi, Anda bisa menambah nutrisi dengan mengonsumsi tofu, susu, dan sayuran hijau.

Makanan Kaya Rempah-Rempah

jahe

Pixabay



Macam makanan yang patut dikonsumsi selama masa menstruasi berikutnya ialah makanan dengan penuh rempah-rempah tradisional. Mengutip dari hellosehat.com bahwa kunyit dan jahe ternyata sangat baik meredakan nyeri saat PMS.

4 dari 8 halaman

Ganti Jadi Cemilan Sehat

cemilan sehat rev1

Banyak wanita yang suka ngemil kapanpun dan dimanapun. Dikutip dari hellosehat.com, sementara mengurangi konsumsi cemilan berminyak, seperti martabak dan gorengan.

Pada masa menstruasi sebaiknya Anda mengganti menu cemilan menjadi makanan yang sehat yang rendah kalori, seperti buah, yoghurt, kacang-kacangan, roti gandum, dan sebagainya.

5 dari 8 halaman

Tidak Makan yang Terlalu Asin

yang terlalu asin rev1

Masih dalam kutipan yang sama, biasanya makanan dengan sensasi rasa gurih dan asin, seperti keripik kentang serta jajanan asin memang selalu menggoda.

Sebaiknya hindarilah makanan seperti itu ketika menstruasi, karena natrium pada makanan asin tersebut akan membuat perut Anda kembung. Sehingga masa menstruasi Anda menjadi lebih tidak nyaman.

Beberapa Contoh Makanan

Jahe

010 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pixabay


Mengutip dari liputan6.com, ungkap Clark bahwa jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang ampuh meredakan sakit perut. Anda bisa membuat air rebusan jahe atau merendam jahe dengan teh panas, lalu campur madu sebagai pemanis. Minumlah air jahe pada masa PMS sebagai peredam nyeri dan menenangkan saraf.

6 dari 8 halaman

Kunyit

Layaknya jahe, kunyit juga bisa meredakan gejala di masa menstruasi. Anda bisa membuat ramuan sendiri dengan cara menumbuk kunyit hingga halus. Lalu rendam dengan air panas dan disaring. Meminum ramuan sederhana ini akan membantu Anda meredakan nyeri.

Petai

Wanita yang sedang PMS, dianjurkan untuk konsumsi suplemen, seperti kalsium, asam folat, vitamin B6, dan magnesium untuk mengatasi perubahan suasana hati dan mengurangi keram perut. Petai juga mengandung serat dan zat besi yang mencukupi kebutuhan tubuh.

ilustrasi petai

Shutterstock


Senyawa dan mineral penting yang dibutuhkan oleh wanita PMS, banyak terkandung pada biji petai. Anda bisa mulai mengonsumsi petai ketika sudah merasakan tanda-tanda PMS seperti nyeri, kembung, cemas, dan lain sebagainya.

7 dari 8 halaman

Jengkol

Macam makanan yang patut dikonsumsi pada masa menstruasi selanjutnya sama-sama menyebabkan aroma bau yang unik. Selain daging dan hati, ternyata jengkol juga mengandung zat besi yang cukup banyak.

001 tantri setyorini

Wikimedia Commons/Hariadhi


Pada setiap 100 gram jengkol terdapat sekitar 4,7 gram zat besi, yang mampu membawa electron tubuh sebagai pembangkit daya dalam sel tubuh. Kemudian kandungan kalsium pada jengkol termasuk tinggi hingga mampu menyuplai pencegahan osteoporosis dan gigi berlubang.

8 dari 8 halaman

Ikan

Macam makanan yang patut dikonsumsi pada masa menstruasi termasuk ikan tawar dan ikan laut. Sebaiknya Anda mengonsumsi ikan karena kandungan asam lemak omega-3, sebagai anti-inflamasi yang meringankan kram perut. Beberapa jenis ikan dengan omega dan zat besi tinggi, seperti salmon, teri, sarden, dan ikan forel.

Itulah beberapa macam makanan yang patut dikonsumsi pada masa menstruasi, bisa mulai Anda konsumsi sebagai bentuk mengurangi rasa nyeri akibat PMS. Semoga bermanfaat.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini