10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Turunkan Kolesterol Hingga Anti Stres

Sabtu, 1 Agustus 2020 12:07 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Turunkan Kolesterol Hingga Anti Stres daun kelor. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Manfaat daun kelor ternyata sangat berguna untuk kesehatan. Daun kelor merupakan tanaman yang berasal dari suku Moringaceae dan memiliki nama latin Moringa Oleifera.

Daun kelor memiliki bentuk oval dan bertangkai dengan ujung-ujung ranting dihiasi bunga berwarna kuning ini, cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia dan biasa diolah menjadi berbagai macam menu masakan.

Selain lezat, daun kelor ternyata juga mengandung banyak manfaat. Daun kelor diketahui mengandung kandungan vitamin C, Kalsium, Kalium, Protein, hingga zat besi yang berguna bagi tubuh.

Lantas, apa sajakah manfaat daun kelor untuk kesehatan? Berikut informasi selengkapnya dilansir dari laman Healthline dan berbagai sumber:

1 dari 8 halaman

Cegah Radikal Bebas

daun kelor

Liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Daun kelor ternyata mampu membantu mencegah radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh apabila tidak diimbangi dengan antioksidan, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh, seperti hipertensi hingga penyakit jantung. Daun kelor bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menangkal radikal bebas.

Dilansir dari laman Healthline, daun kelor memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi daun kelor secara rutin dapat mencegah radikal bebas.

2 dari 8 halaman

Turunkan Gula Darah

minuman pengontrol gula darah

©2020 Merdeka.com


Daun kelor dikatakan sebagai bahan makanan yang bisa membantu menurunkan gula darah dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui jika kadar gula darah yang tinggi merupakan salah satu penyebab penyakit diabetes.

Kandungan senyawa berupa isothiocyanate pada tanaman ini berfungsi efektif menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian juga menunjukan seseorang yang mengonsumsi setidaknya 50 gram daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah sebanyak 21%.

3 dari 8 halaman

Turunkan Stres

Daun kelor dikatakan mampu membantu menurunkan kadar stres yang diderita seseorang. Bеrdаsаrkаn hаsil dаri sеbuаh реnеlitiаn dаlаm Jоurnаl оf Рhаrmаcоlоgy аnd Рhаrmаcоdynаmics, dikаtаkаn bаhwа, daun kelor mеruраkаn sаlаh sаtu аdарtоgеn аlаmi.

Аrtinyа, tаnаmаn ini mеmiliki kеmаmрuаn dаlаm mеlindungi tubuh dаri еfеk tоksik yаng diрicu оlеh strеs.

Mencegah Peradangan

Manfaat daun kelor selanjutnya dikatakan mampu mencegah peradangan. Hal ini dikarenakan daun kelor memiliki efek anti inflamasi yang berfungsi untuk meredakan peradangan. Peradangan apabila tidak segara diatasi dapat memunculkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung hingga kanker.

4 dari 8 halaman

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

sayur bening daun kelor

©2020 Merdeka.com/ariyamadura.com


Manfaat daun kelor yang tidak kalah penting ialah mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah akan mudah terserang penyakit. Selain itu, daun kelor juga baik untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh karena adanya kandungan nutrisi asam amino pada daun kelor. Selain itu, kandungan nutrisi daun kelor juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

5 dari 8 halaman

Cegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung telah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia. Sudah seharusnya melakukan upaya pencegahan sejak dini. Cara yang cukup efektif dalam mencegah penyakit ini adalah mengonsumsi daun kelor.

Daun kelor memiliki kandungan zat besi, kalsium serta efek antioksidan yang dapat secara efektif membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat daun kelor ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi jenis daun ini secara rutin.

6 dari 8 halaman

Turunkan Kolesterol

Daun kelor juga dikatakan mampu menurunkan kolesterol yang tinggi di dalam darah yang bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Selain itu, daun kelor juga kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Cegah Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu masalah yang cuku serius bagi sebagian orang. Salah satu cara alternatif mencegah obesitas adalah mengonsumsi daun kelor. Hal ini dikarenakan daun kelor memiliki kandungan senyawa berupa isothiocyanate yang dapat berfungsi membantu menurunkan berat badan.

Selain itu kandungan bioaktif pada daun kelor juga berperan penting mencegah gangguan metabolisme. Mengonsumsi daun kelor secara rutin dan teratur dapat berfungsi efektif mencegah obesitas dan menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya lainnya.

7 dari 8 halaman

Mengobati Artritis

kelor

©©2019 Merdeka.comPixabay


Daun kelor dараt mеmbаntu mеngurаngi реrаdаngаn dаn rаsа sаkit dari bеbеrара bеntuk аrthritis. Berdasarkan penelitian, ekstrak daun kelor dapat mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang menyakitkan pada sendi rematik. Раrа реnеliti jugа mеncаtаt bаhwа kоmbinаsi аkаr dаn еkstrаk daun mеmiliki efek berkesinambungan untuk mengurangi rasa sakit.

8 dari 8 halaman

Turunkan Risiko Kanker

Daun kelor juga dipercaya mampu membantu menurunkan risiko penyakit kanker pada seseorang. Daun kelor mengandung protein, vitamin C hingga zat besi yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan melindungi dari kerusakan sel.

Mengonsumsi daun kelor secara rutin bisa membantu meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh yang membuat tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk risiko penyakit kanker.

[khu]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini