10 Makanan Bisa Cegah Ubanan di Usia Muda, Buah Mangga Hingga Salmon

Kamis, 2 Juni 2022 14:03 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
10 Makanan Bisa Cegah Ubanan di Usia Muda, Buah Mangga Hingga Salmon Ilustrasi uban. ©Shutterstock

Merdeka.com - Beberapa makanan rupanya bisa mencegah ubanan di usia muda. Uban atau rambut berwarna putih sering kal dikaitkan dengan orang lanjut usia. Padahal, beberapa orang dengan usia yang tergolong masih muda juga memiliki uban di rambutnya.

Munculnya uban bukan hanya karena proses penuaan. Ada berbagai hal yang menjadi penyebab munculnya uban di kepala. Folikel pada rambut memiliki sel pigmen yang membuat melanin, yakni zat kimia yang memberi warna pada rambut.

Kadar melanin di dalam tubuh seseorang dapat berubah seiring waktu. Berubahnya kadar melanin itulah yang membuat rambut berubah menjadi warna abu-abu, perak, hingga akhirnya putih.

Ada beberapa makanan yang disebut bisa mencegah berubahnya warna rambut menjadi putih di usia muda. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya dilansir dari berbagai sumber, Kamis (2/6/2022):

2 dari 6 halaman

Penyebab Tumbuhnya Uban

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, uban disebabkan karena berubahnya kadar melamin pada rambut. Ada dua jenis melanin yang menentukan warna rambut, yaitu eumelanin dan pheomelanin.

Rambut akan berwarna lebih gelap jika eumelanin lebih dominan daripada phenomelanin. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab warna rambut berubah menjadi putih, di antaranya:

ilustrasi uban
©Shutterstock

1. Usia

Ketika usia bertambah, produksi melanin dalam tubuh pun akan berkurang sehingga menyebabkan munculnya uban.

2. Genetik

Uban yang muncul di usia muda juga bisa disebabkan karena faktor genetik. Jadi, bisa saja orang memiliki uban di usia yang terbilang cukup muda.

3. Kondisi Kesehatan

Menderita penyakit tertentu juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban. Salah satu kondisi yang bisa membuat rambut memutih adalah vitiligo.

Vitiligo merupakan suatu kondisi autoimun yang menyebabkan beberapa bagian rambut dan kulit mengalami kehilangan pigmen warna.

Gangguan kelenjar tiroid dan kekurangan nutrisi juga bisa menjadi penyebab munculnya uban.

4. Kebiasaan Merokok

Selain tiga faktor di atas, uban juga bisa lebih cepat muncul pada seseorang akibat kebiasaan merokok. Selain uban, kebiasaan merokok juga bisa membuat rambut cepat rontok.

Hal ini dikarenakan rokok bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih sempit dan akhirnya berdampak pada berkurangnya aliran darah ke folikel rambut, sehingga menyebabkan rambut rontok dan beruban.

5. Pengobatan

Uban juga bisa lebih cepat muncul apabila seseorang sedang menjalani pengobatan tertentu. Seperti kemoterapi. Kandungan obat yang digunakan dalam kemoterapi dapat menghambat pembentukan melanin, sehingga rambut memutih. [khu]

Baca juga:
Polisi Ini Mendadak Tak Sanggup Berdiri Bikin Was-was, Para Teman Langsung Bereaksi
Orangtua Sudah Meninggal Dunia, Anak Desa Ini Rela Mulung Rongsokan Untuk Jajan

3 dari 6 halaman

Makanan Penghambat Uban Muncul Lebih Cepat

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa uban muncul disebabkan karena kadar melamin yang menurun. Ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi demi menjaga pigmen rambut, yakni:

Salmon

ilustrasi salmon

©Pexels/Valeria Boltneva


Salmon mengandung salah satu vitamin penting demi menjaga kekuatan pigmen rambut. Vitamin B12 dalam salmon disebut mampu memperlambat uban tumbuh.

Kacang-kacangan

kacangan dan biji bijian
© The best healthy habits!

Mengonsumsi kacang-kacangan bisa membuat rambut lebih bernutrisi. Hal ini karena kandungan vitamin B9. Kandungan ini penting untuk produksi metionin dan asam amino yang berkontribusi pada warna rambut.

Buah Beri

beri

boldsky.com

Antioksidan yang ada di berbagai buah beri tentu baik untuk tubuh termasuk rambut. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.
Kekurangan nutrisi dan kerusakan oksidasi karena radikal bebas bisa merubah rambut gelap menjadi abu-abu.

4 dari 6 halaman

Sayuran Berdaun Gelap

ilustrasi bayam merah
©2020 Merdeka.com

Bayam, kangkung, dan sawi hijau merupakan salah satu jenis sayuran berdaun gelap yang kaya antioksidan. Jika rutin dikonsumsi maka akan mendukung pertumbuhan uban jadi lebih lambat.

Cokelat Hitam

cokelat hitam

©2012 Merdeka.com

Cokelat hitam merupakan sumber zat besi dan tembaga yang baik. Dua nutrisi ini dapat mencegah uban tumbuh lebih cepat di usia muda.

Mangga

005 ita malau
©2018 Pixabay.com

Mangga termasuk buah yang dapat meningkatkan produksi keratin dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung keratin sangat berguna untuk mencegah tumbuhnya uban dan meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

Baca juga:
Polisi Ini Mendadak Tak Sanggup Berdiri Bikin Was-was, Para Teman Langsung Bereaksi
Orangtua Sudah Meninggal Dunia, Anak Desa Ini Rela Mulung Rongsokan Untuk Jajan

5 dari 6 halaman

Sup Kedelai

ilustrasi sup miso
©Pexels/Ponyo Sakana

Bagi penggemar masakan Jepang mungkin sudah tidak asing lagi dengan sup kedelai atau miso. Dibuat dari fermentasi kedelai, miso kaya akan enzim baik dan probiotik.

Sehingga, makanan fermentasi tersebut tidak hanya baik untuk usus, namun juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan uban lebih cepat.

Ayam

masakan berbahan dada ayam
©2012 Merdeka.com

Kadar vitamin B12 pada daging ayam membantu mengurangi masalah kesehatan seperti kelelahan, sesak napas, rambut kering, rontok, dan beruban sebelum waktunya.

Melansir dari laman Brilio, disebutkan jika mengonsumsi vitamin B, termasuk B12 dapat mengembalikkan rambut yang mulai memutih sekaligus mencegah kembali pertumbuhan uban.

6 dari 6 halaman

Produk Olahan Susu

ilustrasi produk olahan susu
Shutterstock/Silberkorn

Susu dan berbagai produk olahannya mengandung kalsium yang bisa membantu memastikan folikel rambut menghasilkan pigmen (melanin) untuk mempertahankan warna alaminya.

Hati

Hati atau biasanya orang menyebutnya dengan jeroan dari hewan mengandung cukup banyak nutrisi untuk rambut. Namun, Anda perlu memberhatikan jumlah konsumsi hati karena jika terlalu banyak justru berpotensi sebabkan kolesterol hingga meningkatkan anemia.

Baca juga:
Polisi Ini Mendadak Tak Sanggup Berdiri Bikin Was-was, Para Teman Langsung Bereaksi
Orangtua Sudah Meninggal Dunia, Anak Desa Ini Rela Mulung Rongsokan Untuk Jajan







Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini