10 Gejala Depresi pada Fisik dan Psikis, Patut Diketahui Sebagai Pencegahan

Rabu, 23 September 2020 12:20 Reporter : Kurnia Azizah
10 Gejala Depresi pada Fisik dan Psikis, Patut Diketahui Sebagai Pencegahan Ilustrasi depresi saat hamil. ©shutterstock.com/Zametalov

Merdeka.com - Gejala depresi bisa dialami oleh siapa pun dengan berbagai keluhan yang hampir sama. Stres yang tak kunjung ditangani, bisa menyebabkan depresi. Kondisi gangguan suasana hati (mood) yang memengaruhi perasaan, pemikiran, dan perilaku.

Berdasar Data Riset Kesehatan yang dipublikasikan Kemenkes 2018, menunjukkan jumlah penderita depresi di Indonesia terus meningkat, sekitar lebih dari 11 juta. Depresi akan menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik. Hingga penderita kesulitan melakukan aktivitas normal sehari-hari.

Lebih dari sekadar serangan sedih, depresi tetap membutuhkan perawatan jangka panjang. Tanda tekanan psikologis ini akan mulai nampak pada kesehatan mental, efek emosional dan gejala fisik tertentu.

Mengenali setiap gejala depresi akan membantu seseorang untuk mencegah. Serta memulai langkah tertentu untuk menenangkan diri, supaya tetap bisa beraktivitas normal tanpa tekanan.

Berikut beberapa gejala depresi pada fisik dan psikis yang kemungkinan mengganggu, patut diketahui.

Baca Selanjutnya: 1 Kelelahan atau Tingkat Energi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini