Replika Payung Peneduh Masjid Nabawi Ada di Indonesia

Kamis, 1 Oktober 2015 10:08
Replika Payung Peneduh Masjid Nabawi Ada di Indonesia Payung Peneduh di Masjid Agung Jawa Tengah (Sumber: hingga.com)

Merdeka.com - Dream - Salah satu daya pikat dari Masjid Nabawi di Arab Saudi adalah keberadaan payung peneduhnya. Tak sekadar elok, payung peneduh di Masjid Nabawi yang dibangun pada masa Raja Saudi Abdullah bin Abdul Aziz ini juga berfungsi melindungi dan memberi kenyamanan pada para jemaah maupun wisatawan yang berkunjung ke sana.

Payung-payung tersebut dapat terbuka dan tertutup secara terjadwal dan otomatis. Tiap pagi hingga sore hari payung-payung tersebut merekah dan akan menutup saat menjelang magrib.

Namun, tahukah Anda? Ternyata "kembaran" payung peneduh Masjid Nabawi ada di Indonesia. Tepatnya di Masjid Agung Jawa Tengah, terdapat empat payung peneduh yang memiliki desain dan warna yang nyaris sama seperti di Masjid Nabawi.

Masjid Agung Jawa Tengah terletak di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang. Masjid ini menjadi salah satu lokasi favorit masyarakat yang ingin berwisata religi. Tak heran memang, karena Masjid Agung memiliki gaya arsitektur unik nan indah, perpaduan antara Jawa, Timur Tengah dan Eropa.

Terlebih, adanya payung-payung peneduh seperti di Masjid Nabawi Madinah menjadi daya tarik tersendiri dari masjid ini. Payung-payung di Masjid Agung biasanya dibuka pada saat ada kegiatan besar, seperti istighosah bersama, salat Id, dan peringatan hari-hari besar Islam lainnya.

Anda yang mungkin belum berkesempatan melihat langsung payung peneduh di Masjid Nabawi Madinah, tak ada salahnya untuk melihat replikanya terlebih dulu di Masjid Agung Jawa Tengah.

(Berbagai sumber)


Sumber: Www.dream.co.id
Topik berita Terkait:
  1. Travel
  2. Jejak
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini