Pesona Wanita Berbalut Payas Agung Bali, Elegan bak Bangsawan

Selasa, 8 Juni 2021 13:00 Reporter : Tyas Titi Kinapti
Pesona Wanita Berbalut Payas Agung Bali, Elegan bak Bangsawan Payas Agung Bali. ©2021 Merdeka.com/I Wayan Arfian

Merdeka.com - Tidak bisa dipungkiri, saat wanita menggunakan pakaian adat kecantikannya semakin bertambah. Rasa bangga juga turut hadir saat menggunakan baju ciri khas daerahnya. Salah satu baju adat Indonesia yang menarik perhatian ialah Payas Agung Bali.

Busana Payas Agung adalah baju pernikahan khas Bali. Dulunya hanya darah Bangsawan saja yang mengenakan pakaian ini, namun sekarang semua kalangan bisa menggunakannya. Didominasi dengan warna emas, mahkota tinggi yang menjulang. Para wanita ini terlihat anggun, cantik dan elegan.

Payas Agung Bali memang membuat para wanita ini terlihat bak ratu bangsawan dengan pernak-pernik emas. Kecantikan semakin terpancar dalam balutan Payas Agung Bali.

payas agung bali
©2021 Merdeka.com/I Wayan Arfian

Polesan riasan saat menggunakan Payas Agung juga punya detail yang menawan. Pada bagian dahi sang wanita terdapat lengkangan atau srinata. Dengan lengkungan ini wanita terlihat lebih bersahaja. Di antara kedua alisnya tepat di bagian terdapat bindi.

Bindi dalam agama Hindu diyakini sebagai simbol penanda cinta, kecantikan, kemakmuran, kehormatan, hingga penangkal nasib buruk. Dahi menjadi lokasi penggunaan bindi karena diyakini dahi merupakan tempat cakra ke-6.

Bibir nampak penuh berwarna kemerah-merahan. Kelopak mata tak terlihat sayu dengan riasan eyeshadow berwarna senada. Alisnya tegas terukir jelas. Bagian telinga terdapat anting berukuran cukup besar tersemat manis di telinga. Semua riasan ini melengkapi pesona Payas Agung Bali.

payas agung bali
©2021 Merdeka.com/I Wayan Arfian

Keelokan pesona wanita dalam balutan Payas Agung Bali tertuju pada hiasan kepala. Bagian kepala terdapat mahkota tinggi menjulang, petitis dan tajug emas. Mahkota menjulang tinggi terdiri dari bunga sandat dan ditutup bunga kap emas. Kemilau warna emas mahkota membuat sang wanita terlihat berkelas.

Payas Agung lekat dengan kesan etnis, mewah dan spesial. Oleh karena itu pakaian ini tidak ditujukan untuk beragam aktivitas. Hanya digunakan pernikahan atau acara tertentu saja.

payas agung bali
©2021 Merdeka.com/I Wayan Arfian

Pernak-pernik emas menghiasi di bagian tubuh. Gelang kana terlingkar di bagian pangkal lengan. Gelang naga satru yang dipakai di pergelangan tangan serta cerik di bahu sebelah kiri. Corak dengan ukiran emas ini membuat wanita terlihat seperti seorang putri.Warna emas membuat tubuh wanita terlihat lebih bercahaya.

payas agung bali
©2021 Merdeka.com/I Wayan Arfian

Kain atau sesanteng terlilit melilit tubuh dari dada hingga ke jari kaki. Menampilkan bahu yang terbuka. Memamerkan bahu indah wanita dan memberikan kesan anggun. Penampilan wanita dengan Payas Agung semakin elok dengankain songket dengan corak mencolok dan warna-warna cerah.

Bagian pinggang, tersemat pending emas untuk menampilkan bentuk lekuk tubuh yang ramping. Kecantikan dalam diri seolah bertambah. Feminin, elegan, bersahaja dan juga berkelas. Pesona wanita dalam balutan Payas Agung memang tak boleh diragukan lagi. [Tys]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Picture First
  3. Bali
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini