Pesona Tersembunyi Air Terjun Bossolo, Membelah Hutan dan Bukit

Selasa, 8 Juni 2021 16:00 Reporter : Ibrahim Hasan
Pesona Tersembunyi Air Terjun Bossolo, Membelah Hutan dan Bukit Pesona Tersembunyi Air Terjun Bossolo di Jeneponto. ©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Merdeka.com - Berkunjung ke Jeneponto kurang lengkap rasanya jika tak menyambangi Air Terjun Bossolo. Air terjun ini punya daya pikat yang khas, yakni diapit pepohonan dan bukit. Panoramanya seolah Air Terjun Bossolo membelah hutan dan bukit. Bak surga tersembunyi, Air Terjun Bossolo berada di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Bossolo memiliki nama daerah Tama’Lulua. Berada di kompleks bukit Bossolo membuat air terjun ini lebih tenar dengan sebutan Bossolo. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, dan berada di kompleks perbukitan. Kesejukan airnya berpadu dengan nuansa sejuk hutan dan perbukitan. Benar-benar nuansa alam yang mampu menghilangkan penat perkotaan.

Dari Bukit Bossolo, keeksotisan Air Terjun Bossolo semakin memikat. Namun, akan lebih mengasyikkan jika terjun langsung dalam kesejukan air terjun Bossolo di Pulau Celebes ini.

pesona tersembunyi air terjun bossolo di jeneponto

©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Lokasi terbaik menikmati panorama Air Terjun Bossolo ialah di Bukit Bossolo dan datang langsung ke bawah air terjun. Dua spot terbaik Air Terjun Bossolo ini selalu menjadi lokasi favorit wisatawan. Keduanya punya tantangan masing-masing.

Jalur menuju spot air terjun melewati hutan dan perbukitan. Berada di lereng bukit mengharuskan wisatawan memompa tenaga ekstra. Pasalnya jalan setapak begitu menanjak. Jalur perjalanannya menjadi tak mudah. Trekking dengan jalan setapak berbatu mendominasi.

Perjalanan memakan waktu 1 jam dari lokasi parkir kendaraan. Sesampainya bertemu sungai perjalanan akan semakin sulit. Bebatuan berlumut seketika licin saat dipijak. Tentu harus hati-hati dalam melangkah.

pesona tersembunyi air terjun bossolo di jeneponto

©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Perjuangan terbayar lunas, dari kaki air terjun pesona keagungan aliran airnya begitu memanjakan mata. Suara gemercik airnya begitu mendamaikan. Keteduhan berpadu dengan kesejukan, memikat wisatawan untuk bermain di bawahnya. Dalam jarak aman, wisatawan diperkenankan berenang di kolam bawah air terjun. Berada di ketinggian 400 mdpl nuansanya begitu menyegarkan.

Batu di atas air terjun membuat airnya pecah menjadi 3 aliran. Panoramanya seperti 3 air terjun yang jatuh bersamaan. Tinggi air terjun ini kurang lebih 40-50 meter. Menuruni bukit spot indah ini wajib untuk diabadikan dalam kenangan. Berswafoto dan fotografi konsep landscape jadi lebih berkesan berkat Air Terjun Bossolo di Jeneponto.

pesona tersembunyi air terjun bossolo di jeneponto

©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Opsi kedua ialah mendaki Bukit Bossolo yang memiliki ketinggian 400 mdpl. Sama tingginya dengan bukit tebing Air Terjun Bossolo. Jalurnya penuh perjuangan dengan trekking berbatu yang menantang.

Namun dari atas bukit ini pesona Air Terjun semakin menawan. Meskipun dari kejauhan, Air Terjun Bossolo tetap menawan. Foto berlatarkan langsung dengan panorama lengkap air terjun yang membelah pepohonan dan perbukitan.

Tak cukup sampai di sana, dari atas ketinggian bukit biasanya menjadi spot untuk melihat sunset. Bukit menawan ini didominasi rerumputan, pesonanya bak permadani hijau yang menawan.

pesona tersembunyi air terjun bossolo di jeneponto

©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Sumber air di Air Terjun Bossolo berasal dari Lereng Gunung Moncong Lompobatang. Perjalanannya membelah bermacam perbukitan dan hutan. Mengalir ke hilir bertemu dengan bendungan Tompo Kelara. Aliran airnya begitu deras, terlebih saat musim penghujan tiba.

Kedua spot wisata ini dapat dijangkau dengan menempuh 1 seperempat jam perjalanan dari pusat Kabupaten Jeneponto. Fasilitasnya terbilang lengkap, toilet, tempat ibadah, hingga berjajar warung yang siap menyediakan makanan penambah tenaga.

Belum ada tarif yang dipatok untuk menikmati keindahan Air Terjun Bossolo. Namun wisatawan wajib mengeluarkan Rp 2 ribu untuk parkir motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil. [Ibr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Picture First
  3. Jeneponto
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini