Perpustakaan Keliling Bhabinkamtibmas Klaten, Kendaraan Baca Anak di Masa Pandemi

Senin, 28 Juni 2021 14:46 Reporter : Ibrahim Hasan
Perpustakaan Keliling Bhabinkamtibmas Klaten, Kendaraan Baca Anak di Masa Pandemi Perpustakaan Keliling Bhabinkamtibmas Polres Klaten ©2021 Merdeka.com/Yoyok Sunaryo

Merdeka.com - Antusias anak-anak mendatangi gerobak baca begitu tinggi. Seorang anggota Polres Klaten mengubah motornya menjadi gerobak literasi. Ia bernama Aiptu Setyo Widyantoro yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Kamtibmas) Polsek Manisrenggo, Polres Klaten. Dengan gerobak bacanya, Aiptu Setyo biasa berkeliling di Kecamatan Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah.

Adanya perpustakaan keliling Bhabinkamtibmas terinspirasi dari nasib anak-anak terdampak pandemi. Akses buku pengetahuan yang biasa mereka dapatkan di perpustakaan sekolah seketika hilang. Di sinilah Bhabinkamtibmas memberikan solusi. Diubahnya motor dinas, dibekali dengan gerobak yang berisi buku bacaan bagi para anak-anak untuk meningkatkan minat baca di masa pandemi Covid-19.

Salah satunya di desa Taskombang, Manisrenggo, Klaten ini. Beberapa anak tampak gembira dengan buku yang disediakan perpustakaan keliling Bhabinkamtibmas.

005 ibrahim hasan

Perpustakaan Keliling Bhabinkamtibmas Polres Klaten ©2021 Merdeka.com/Yoyok Sunaryo

Desain gerobak pada motor dinas Bhabinkamtibmas ini begitu sederhana. Sekilas nampak seperti gerobak tukang sayur keliling. Namun yang membedakan ialah gerobaknya ditutup dengan mika tembus pandang. Dalamnya terdapat tumpukan buku yang siap dibaca anak-anak di daerah mereka.

Gerobak perpus keliling ini nampak seperti almari mini. Daun pintunya dikunci dengan kunci geser. Sedangkan pada bagian atas tertutup rapat dengan bahan dari kanopi. Melindungi buku dari terik matahari dan hujan yang sewaktu-waktu terjadi.

Kategori buku yang disediakan ialah untuk Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Dasar. Di antaranya buku tema pengetahuan bermuatan Sejarah, Ilmu Pengetahuan Alam, hingga Ilmu Pengetahuan Sosial. Para anak-anak rela mengantre demi mendapatkan buku bacaan yang mereka dambai.

005 ibrahim hasan

Perpustakaan Keliling Bhabinkamtibmas Polres Klaten ©2021 Merdeka.com/Yoyok Sunaryo

Berada di tengah pandemi, perpustakaan keliling Bhabinkamptibmas ini bagaikan oase. Benar saja, selama pemberhentian belajar tatap muka, akses buku begitu terbatas. Meskipun kehadiran internet semakin dekat, namun sensasi membaca literasi dari buku banyak dirindukan para pelajar.

Bagian atas gerobak tertera “Door To Door Literasi” yang berarti literasi dari pintu ke pintu. Semboyan yang dipakai perpustakaan keliling Bhabinkamtibmas. Aiptu Setyo berkomitmen untuk menghadirkan kembali buku di tengah pelajar saat ini.

Di bawah pohon rindang dan tanah lapang, Lokasi yang dipilih biasanya berada di dekat pemukiman anak-anak. Dengan begitu protokol kesehatan tetap bisa dilaksanakan dengan baik.

005 ibrahim hasan

Perpustakaan Keliling Bhabinkamtibmas Polres Klaten ©2021 Merdeka.com/Yoyok Sunaryo

Anak-anak tetap menggunakan masker saat membaca buku mereka. Tak lupa jarak aman juga diterapkan. Mereka nampak fokus dengan buku di tangan. Begitupula Aiptu Setyo dengan seragam lengkap Bhabinkamtibmas ia melayani masyarakat.

Sesekali anak-anak tak malu untuk bertanya kepada Aiptu Setyo. Dengan pelan, ia memberikan pengarahan kepada anak-anak. Bahkan ia dengan senang hati mengajarkan membaca kepada anak yang kesulitan.

005 ibrahim hasan

Perpustakaan Keliling Bhabinkamtibmas Polres Klaten ©2021 Merdeka.com/Yoyok Sunaryo

Bahkan seusai berkeliling, Pos Kemitraan Bhabinkamtibmas Candi jarang sepi anak-anak. Mereka siap menanti buku bacaan idaman mereka. Sarana perpustakaan keliling ini menjadi sarana bermain dan belajar mereka.

Lebih dari satu tahun pandemi Covid-19 membatasi segala aktivitas tatap muka di sekolah. Anak-anak mengalami kejenuhan rindu bangku sekolah hingga buku pelajaran dan pengetahuan. Setidaknya, dengan kehadiran perpustakaan keliling Bhabinkamtibmas di Klaten ini dapat mengobati kerinduan para pelajar akan buku bacaan. [Ibr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini