KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Pagi memesona di Danau Cileunca

Kamis, 5 Januari 2017 21:08 Reporter : Ya'cob Billiocta
Mitsubishi Outlander di Jelajah Merdeka. ©2017 Merdeka.com/Nuryandi Abdurohman

Merdeka.com - Selain terkenal sebagai daerah penghasil susu sapi, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung ternyata memiliki wisata air indah bernama Danau Cileunca. Danau buatan zaman kolonialisme Belanda ini menawarkan pemandangan yang tak kalah cantik dari wisata kebun teh dan pemandian air panas Cibolang.

Danau yang dibuat tahun 1917 ini memiliki luas 1.400 hektare, mencakup tiga desa hasil pemekaran wilayah setempat. Di sisi kanan dan kiri danau, pohon-pohon tinggi menjulang menghimpit perkampungan, lengkap dengan pemandangan perkebunan teh, stroberi dan kopi yang memanjakan mata.

"Dulu tempat ini pernah dibuat syuting film Benyamin pak. Sekarang pun banyak stasiun televisi datang ke sini untuk kegiatan syuting acara. Kalau weekend ramai, karena ada juga wisata perahu yang disewakan," kata warga setempat yang akrab disapa Pak Tris kepada merdeka.com, Kamis (15/12).

Tidak salah memang Danau Cielunca masuk dalam daftar kunjung Jelajah Merdeka 1000 Danau, yang digagas merdeka.com bersama Potrait of Indonesia (PoI).

Untuk menuju bisa ditempuh dari Baros Cimahi, jarak tempuh sekitar 49 kilometer dengan estimasi waktu perjalanan kurang lebih 2 jam. Rutenya, dari pintu keluar Tol Baros, mengarah ke Leuwigajah, kemudian ke Marga Asih, Sorengan, dilanjut Banjaran kemudian masuk Kecamatan Pengalengan.

Saat masuk Pengalengan, tim jelajah disambut jalan menanjak dan berkelok persis seperti merayap di atas tubuh ular. Jam digital di dashboard mobil Mitsubishi Outlander Sport yang kami naiki menunjukkan pukul 00.23 WIB.

Meski melewati jalur yang tak biasa, namun itu bukan menjadi rintangan. Perjalanan begitu terasa nyaman. Memang untuk jalanan menanjak seperti ini sudah menjadi makanan bagi Mitsubishi Outlander Sport. Jadi kami tak perlu khawatir lagi. Info lengkap fitur-fitur unggulan kendaraan, klik di sini.

Tiba di danau sekitar pukul 01.00 WIB, udara di luar pun mengalahkan AC mobil yang membuat saya menggigil meski memakai jaket. Kepala tim jelajah yang juga pendiri PoI Agus Wicaksono akhirnya meminta tim untuk istirahat. "Tidur biar besok pagi-pagi bisa hunting foto," tuturnya.

Benar saja, begitu pagi menyambut, hamparan lukisan alam memanjakan mata. Suatu moment langka yang tak setiap hari ditemukan warga perkotaan yang selalu sibuk dengan hiruk pikuk pekerjaan.

Perpaduan kabut dan cahaya mentari yang memantul di permukaan danau secepat kilat direspons tim jelajah. Travel photographer Andhika Bayu Nugraha, photografer merdeka.com Nuryandi Abdurohman dan travel blogger Ashari Yudha Pratama Putra segera turun ke bibir danau sambil menenteng kamera andalan masing-masing, menyusul kemudian Agus. Sementara Tim PoI Wahyudin Syah segera merakit drone. Tanpa dikomando, mereka kemudian beraksi.

Berbagai sudut pandang dilahap habis oleh mereka, mulai dari danau dengan latar belakang perbukitan hingga jembatan panjang yang membelah danau, semuanya berhasil diabadikan.

Keindahan Danau Cileunca bisa dibilang mahal. Tak lama setelah kami jeprat jepret, kabut tebal mulai menutupi mentari, mendung pun menggelayut. Jadi disarankan, bagi anda yang hobi memburu sun rise, datanglah sepagi mungkin.

Jika Anda berniat datang ke sini, jangan lupa membawa jaket yang tebal dan pastikan power bank terisi penuh agar kesempatan berfoto tak hangus, gara-gara baterai HP habis. Sementara untuk tempat menginap tak perlu risau, di sekitar danau sudah banyak tersedia penginapan dengan berbagai pilihan.

Setelah puas menikmati keindahan Danau Cileunca, tim kemudian melanjutkan perjalanan mengeksplorasi keindahan alam lainnya di Jabar. Jangan lupa, permen susu khas Pangalengam bisa menjadi buah tangan yang cocok untuk kerabat maupun teman-teman kantor, selain cerita serumu, pastinya. [ibs]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.