Menjelajahi Pantai Broken Beach, Surga Tersembunyi di Pulau Bali

Jumat, 30 April 2021 12:57 Reporter : Ibrahim Hasan
Menjelajahi Pantai Broken Beach, Surga Tersembunyi di Pulau Bali Pantai Broken Beach. ©2021 Merdeka.com/Ahmad Soleh

Merdeka.com - Bali tak pernah berhenti menyuguhkan wisata pantai pasir putih yang mendunia. Tapi jangan salah, Bali tak hanya menyuguhkan pantai berpasirnya saja. Terbukti Pulau Dewata ini punya pantai batu karang yang tak kalah menawan. Pantai ini pamor memiliki julukan Broken Beach, dalam bahasa Indonesia berarti pantai yang rusak. Terletak persis di tenggara Pulau Bali tepatnya Nusa Peninda.

Rusaknya pantai batu karang di Nusa Peninda ini mendatangkan keunikan tersendiri. Tebing berlubang memungkinkan air laut menghempas ke dalam teluk. Bak sebuah jembatan, sisa batu karang yang tak roboh menghasilkan panorama yang menakjubkan. Bahkan, di atas lubang tebing karang dapat dijelajahi wisatawan. Diapit dua gelombang lautan, memberikan kesan yang mendebarkan. Berenang di dalam lubang pantai ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Jika dilihat dari udara, tebing yang rusak menghasilkan pantai unik membentuk lingkaran. Bahkan saat surut, terlihat pasir putih tersembunyi di tepian tebing. Pesona Pantai Broken Beach benar-benar mirip Playa del Amor di Meksiko.

pantai broken beach

©2021 Merdeka.com/Ahmad Soleh

Dalam bahasa Bali, Pantai Broken Beach punya sebutan sendiri. Pasih Uug, sebutan warga lokal yang berarti Pantai Patah. Tak mudah untuk mengunjungi pantai unik yang satu ini. Pasalnya, lokasinya yang terpencil membutuhkan perjuangan untuk mendatanginya. Banyak wisatawan yang rela menempuh perjalanan jauh demi menikmati keindahan Pantai Broken Beach.

Kamu harus menyeberang dari Pulau Bali menuju Pelabuhan Nusa Peninda. Berangkat dari pantai Sanur, kamu bisa menyewa perahu bermotor. Mengarungi Selat Badung, perjalanan semakin mengasyikkan. Cukup satu jam perjalanan kamu akhirnya sampai di Pelabuhan Nusa Peninda. Istirahatlah sejenak untuk melanjutkan perjalanan yang lebih menantang.

pantai broken beach

©2021 Merdeka.com/Ahmad Soleh

Pantai Broken Beach atau Pasih Uug terletak di barat daya Pulau Nusa Peninda. Medannya yang sulit, mengharuskan wisatawan melanjutkan dengan berkendara. Kamu bisa menyewa motor maupun mobil di dekat pelabuhan. Berangkat dari Pelabuhan Nusa Peninda, kamu akan dihadapkan dengan medan jalan perbukitan dan berkelok tajam.

Ladang, perkebunan, rumah, hingga hutan menemani setiap kilometer perjalanan. Setidaknya butuh waktu 1 jam perjalaan untuk menempuh 25 km rute menuju Pantai Broken Beach. Angin pesisir pantai yang berhembus menandakan kamu telah sampai di Pantai Broken Beach. Total 2 jam perjalananmu benar tak sia-sia.

Hamparan tebing membulat dihiasi lubang tebing di atasnya membentang bagikan jembatan yang menawan. Gemuruh air laut menjadi nuansa khas Pantai Broken Beach. Birunya Samudera Hindia menghempas tiap sudut tebing batu karang. Pemandangan semakin menarik dengan perpaduan hijaunya rumput dan pepohonan. Jangan ketinggalan untuk mengabadikannya dalam galery fotomu. Jika ingin berenang, pastikan didampingi orang yang lebih pengalaman.

pantai broken beach

©2021 Merdeka.com/Ahmad Soleh

Jika kamu belum puas seharian menikmati indahnya Pantai Broken Beach, patut rasanya mencoba bermalam di pantai ini. Berbagai jenis penginapan telah tersedia untuk melanjutkan hari di Pulau Nusa Peninda. Harganya berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 1 jutaan saja. Destinasi yang tak kalah tenar ialah Angel Billabong tepat di sebelah barat Pantai Broken Beach.

Angel Billabong merupakan sebuah kolam temporer yang jernih. Saat surut, membentuk kolam yang tenang. Airnya sangat jernih, memikat siapa saja untuk berenang di dalamnya. Namun perlu diwaspadai, hanya saat air laut surut kamu bisa berenang di Angel Billabong ini. Selebihnya, ombak akan menerjang dan menghantam setiap sudut kolam.

pantai broken beach

©2021 Merdeka.com/Ahmad Soleh

Hanya perlu merogoh Rp 5 ribu kamu bisa menikmati keindahan Pantai Broken Beach. Fasilitasnya juga sangat mendukung, mulai dari tempat parkir, toilet, tempat ibadah hingga penginapan. Jajaran warung makan juga jadi pilihan melepas lelah dan lapar menjelajahi pantai ini.

Menginap di Pantai Broken Beach sambil menikmati sunset dan sunrise jadi pilihan terbaik saat berada di Bali. Pesonanya selalu memikat para wisatawan untuk menjelajahinya. [Ibr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Picture First
  3. Bali
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini