Menikmati Sisi Menegangkan Pantai Siung Yogyakarta

Selasa, 20 April 2021 14:20 Reporter : Tyas Titi Kinapti
Menikmati Sisi Menegangkan Pantai Siung Yogyakarta Panjat Tebing di Pantai Siung. ©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Merdeka.com - Keindahan Pantai Siung Yogyakarta memang tak perlu diragukan lagi. Hamparan pasir berwarna putih membentang indah di pantai yang berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul ini. Pantai ini terlihat eksotis dengan batu karang raksasa yang tersebar di sebelah barat dan timur pantai.

Batu karang di pantai ini tak cukup hanya dipandang mata saja. Namun juga menjadi tempat para pencinta olahraga ekstrem rock climbing atau panjat tebing. Dari seutas tali yang menopang tubuh, para pemanjat pun menaklukkan tebing-tebing tinggi di Pantai Siung.

Jemarinya siap menyentuh ujung tebing. Memacu adrenalin menapaki ketinggian. Merasakan sensasi pendakian di sudut pantai Kota Pelajar yang menantang.

panjat tebing di pantai siung
©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Petualang sejati tak perlu khawatir berebut spot panjat tebing. Pasalnya, ada sekitar 250 spot panjat tebing dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda di pantai ini. Tingkat kesulitannya dibagi untuk khusus pemula maupun pemanjat profesional.

Menggunakan alat pengaman yang lengkap, para pemanjat menapaki pijakan demi pijakan. Angin kencang, sinar terik matahari yang menyilaukan bukan masalah bagi petualang. Demi melihat keindahan pemandangan Pantai Siung dari ketinggian.

panjat tebing di pantai siung
©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Zona panjat tebing dibagi menjadi beberapa blok, mulai dari blok A hingga blok K. Namun, Zona Kuda Laut dan Pancaran Siung merupakan favorit para pemanjat dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Hanya orang yang sudah berpengalaman yang mampu menaklukkan si batu raksasa di zona ini.

Untuk kamu yang tertarik mencoba panjat tebing,kamu bisa menghubungi penyedia tur yang memiliki paket panjat tebing di Pantai Siung. Nantinya, aktivitas panjat tebing akan ditemani para ahli. Dengan mengeluarkan dana sekitar Rp 200-300 ribu, momen panjat tebing akan aman dan menjadi momen yang membekas.

Namun, sebelum memanjat tebing pastikan kamu sudah menyiapkan fisik yang kuat ya!

panjat tebing di pantai siung
©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Pemandangan tebing dari kejauhan. Gugusan batu karang ini terlihat ciamik di pantai yang menakjubkan ini. Berkat keelokannya, lokasi panjat tebing di pantai yang berada di Gunung Kidul ini mendapat penghargaan 'The Best Climbing Rocks Site in Yogyakarta'.

Tidak heran, popularitas panjat tebing Pantai Siung tak hanya dikenal oleh warga negara Indonesia saja. Namun juga sampai ke telinga para pencinta panjat tebing mancanegara. Pencinta olahraga ekstrem, memang wajib mencoba sisi menegangkan di Pantai Siung ini.

panjat tebing di pantai siung
©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Pesona Pantai Siung patut diacungi jempol. Gradasi warna laut terlihat jelas dari tebing di timur Pantai Siung. Gugusan batu karang menghiasi pantai. Suara deburan ombaknya sukses menenangkan pikiran. Untuk kamu yang tak gemar memanjat tebing, berdiam diri sejenak di Pantai Siung bisa menjadi sebuah pilihan.

Untuk berkunjung ke pantai ini, kamu perlu menempuh jarak sekitar 77 km atau sekitar 2-3 jam perjalanan dari pusat Kota Jogja. Harga tiketnya sebesar Rp3.000 per orang. Bagi yang membawa sepeda motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000, sementara biaya parkir mobil Rp5.000. [Tys]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini