Menikmati Kopi Asli Indonesia yang Mendunia

Senin, 2 Juli 2018 16:22
(Sumber Foto: Instagram @tobysestateid)

Merdeka.com - Dream - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia. Tapi, sayangnya masih banyak gerai kopi dalam negeri yang menggunakan biji kopi impor.

Selain itu, belum banyak juga orang yang mencari tahu lebih dalam tentang kopi asli Indonesia. Walaupun belum dijual secara besar-besaran di negeri sendiri, kini beberapa gerai kopi mulai memperkenalkan biji kopi Indonesia. Salah satunya, Toby's Estate Coffee.

"Dari dulu, kami sudah memproduksi kopi asal Indonesia seperti Sumatra dan Toraja untuk minuman single origin maupun blends, serta mempopulerkannya ke berbagai negara," ujar Imron Jayakusuma, CEO Toby's Estate Indonesia di Jakarta Pusat, Senin 2 juli 2018.

Tidak hanya memproduksi, mereka pun mengedukasi petani dan memperhatikan proses pembuatannya agar lebih berkualitas serta memiliki nilai jual tinggi.

"Daripada petani menghasilkan biji kopi yang dihargai murah, lebih baik mereka belajar supaya apa yang mereka tanam bisa memiliki nilai jual tinggi," tuturnya.

Selain mengedukasi petani, mereka memilih bibit dan lahan terbaik untuk ditanam dan diproduksi menggunakan alat yang khusus digunakan pada setiap jenis kopi.

"Selain memilih asal biji kopi, pemilihan kebun kopi pun perlu diperhatikan supaya rasa dan profile-nya lebih menonjol. Nge-grind pun harus dengan alat yang tepat. Makanya, setiap single origin yang dibeli di sini, ada manual book supaya tahu cara menikmatinya," imbuhnya.

Hasil kopinya bisa dinikmati dengan sajian asal Australia seperti Avo on Toast dan Eggs Benedict atau kudapan Asia seperti Rendang Donburi serta Chicken Katsu Don.

Jika ingin mencoba, kamu bisa mengunjungi gerainya di Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah Mall, Grand Indonesia dan Paskal 23 Bandung.

"Kami berencana membuka gerai di Surabaya dan Mall Of Indonesia. Sedangkan Bali masih dalam tahap pemilihan lokasi".

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini