Masjid yang Dipakai Rasul Jumatan Pertama Kali

Rabu, 14 Oktober 2015 19:06
Masjid yang Dipakai Rasul Jumatan Pertama Kali Masjid Jumat, Madinah (Sumber: http://nativepakistan.com/)

Merdeka.com - Dream - Kota Madinah selama berabad-abad menjadi saksi pergantian dan perkembangan dinasti-dinasti Islam. Tak heran di kota ini banyak terdapat situs-situs bersejarah yang sebagian besar masih berdiri hingga kini, di antaranya adalah masjid.

Banyak masjid bersejarah berdiri di Madinah. Sebagian dari masjid tersebut pernah disambangi Rasulullah dan dijadikan tempat salat.

Bukan hanya Masjid Nabawi yang terkenal itu. Masih ada puluhan masjid lainnya yang pernah dipakai Rasul untuk tempat salat. Salah satunya adalah Masjid Jumat yang berada di barat daya kota Madinah.

Masjid tersebut adalah tempat pelaksanaan salat Jumat pertama kali Rasulullah SAW beserta rombongan saat dalam perjalanan syiar dari Mekah menuju Madinah.

Diriwayatkan, Rasul tiba di Madinah dari Mekah pada Senin 12 Rabiul Awal dan menetap di Quba selama 4 hari hingga Jumat pagi 16 Rabiul Awal. Begitu keluar Madinah, waktu salat Jumat tiba. Maka di sinilah Rasul melakukan salat Jumat pertama kalinya di Madinah.

Karena itulah dinamakan Masjid Jumat. Khalifah Umar bin Abdul Aziz pernah merenovasi ulang masjid ini dan Masjid Jumat kembali diperbaiki pada masa Dinasti Abbasiyah antara 155-159 H. Masjid ini juga disebut dengan Masjid Bani Salim karena terletak di perkampungan Bani Salim.

Topik berita Terkait:
  1. Unik
  2. Masjid
  3. Jejak
  4. Travel
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Sumber: Www.dream.co.id

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini