Kerajinan Onderdil Bekas Tawangmangu, Sulap Onderdil Bekas Jadi Seni Berkelas

Rabu, 16 Juni 2021 17:30 Reporter : Ibrahim Hasan
Kerajinan Onderdil Bekas Tawangmangu, Sulap Onderdil Bekas Jadi Seni Berkelas Kerajinan Onderdil Bekas Tawangmangu. ©2021 Merdeka.com/Yoyok Sunaryo

Merdeka.com - Siapa sangka, bangkai kendaraan bisa dijadikan seni yang mengagumkan. Salah satu senimannya ialah Heru, pengrajin patung berbahan onderdil bekas. Aneka bentuk karakter terpajang rapi di depan teras rumahnya. Ia tak memiliki galeri seni. Pasalnya, semua kegiatan karya seninya bermula dari profesinya sebagai teknisi bengkel. Lokasinya berada di di desa Nglebak, Tawangmangu, Karanganyar.

Piston, busi, rantai, per, hingga cakram rem bekas menjadi penyusun mahakarya unik ini. Semuanya berasal dari barang habis pakai dari bengkelnya. Jiwa seni Heru meronta mendorongnya untuk berkreasi. Onderdil yang menumpuk ia sulap jadi seni yang nyaman dipandang. Hasil karyanya akan jadi penghias sudut rumah hingga simpanan para kolektor seni.

Tak hanya jadi seni berkelas, kerajinan patung onderdil bekas bernilai tinggi. Heru mampu menjualnya hingga ke berbagai Kota Besar di Indonesia.

kerajinan onderdil bekas tawangmangu

©2021 Merdeka.com/Yoyok Sunaryo

Aneka karakter unik berbentuk bunglon, burung, ayam, kuda hingga robot berjajar rapi. Bentuknya begitu unik, mirip dengan wujud aslinya. Bahkan raut wajahnya seperti hidup. Ciri khas onderdil bekas masih tetap terlihat namun menjadi satu bak sebuah robot besi ala film SciFi.

Ia hafal betul berbagai part rumit di dalam mesin motor. Bentuknya juga beragam, umunya piston akan jadi kepala replika robot. Sedangkan gear rantai jadi penopang kaki. Lain halnya dengan per, bisa dijadikan kaki atau atau rangka utama pada tubuh karakter.

kerajinan onderdil bekas tawangmangu

©2021 Merdeka.com/Yoyok Sunaryo

Ibarat menyusun pazel dengan potongan yang sangat acak. Membuat patung onderdil bekas butuh imajinasi yang tinggi. Ia harus pandai mencocokkan part kepada bagian mana yang bisa digunakan. Dengan las, ia sambungkan berbagai macam bagian hingga menjadi bentuk yang diinginkan.

Tak jarang Heru harus melakukan penyesuaian pada part. Onderdil yang akan digunakan dipotong, dihaluskan hingga terbentuk bagian yang diinginkan. Semuanya butuh ketelitian yang tinggi. Berbagai jenis onderdil motor bekas bisa ia manfaatkan.

kerajinan onderdil bekas tawangmangu

©2021 Merdeka.com/Yoyok Sunaryo

Kesabaran juga menjadi kunci membuat kerajinan onderdil bekas. Satu buah patung karakter ayambutuh waktu seharian untuk membuatnya. Sebelumnya Heru harus membersihkan part dari oli dan karat. Untuk memberikan kesan elegan, ia memfinishingnya dengan cat besi hingga nampak mengkilap.

Ragam bentuk onderdil sebenarnya bisa dibuat apa saja. Namun ha tersulit ialah mencocokkannya dengan kerajinan yang akan dibuat. Ia harus berkreasi dengan memainkan imajinasi. Pasalnya para pemesan karyanya tidak segan untuk meminta desain karakter yang mereka inginkan.

kerajinan onderdil bekas tawangmangu

©2021 Merdeka.com/Yoyok Sunaryo

Kini Heru tak perlu khawatir dengan onderdil bekas yang menumpuk. Bahkan untuk memenuhi bagian bagian kerajinannya ia harus mencari-cari part tersebut. Kerajinannya ia jual dengan harga Rp 500 ribu hingga Rp 4 juta. Tergantung pada ukuran dan kerumitan bentuk karakter yang dibuat.

Berbagai kota besar telah memesan kerajinan onderdil bekas milik Heru. Karya seni ini telah sampai di Kota Solo, Yogyakarta, Semarang, Madiun, hingga Jakarta. Peruntukkannya mulai dari pelengkap interior, hingga penghias ruangan. [Ibr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Picture First
  3. Kerajinan
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini