Hidupkan Wisata Sejarah, Kali Besar Siap 'Disulap' Jadi Cantik

Rabu, 12 Oktober 2016 13:39 Repoter : dream.co.id
Hidupkan Wisata Sejarah, Kali Besar Siap 'Disulap' Jadi Cantik Kawasan Kali Besar (Foto: kratonpedia.com)

Merdeka.com - Setelah berhasil membina produk kerajinan para warga Jakarta, kini Dewan Kerajinan Nasional DKI Jakarta (Deskranasda) mencoba melakukan terobosan baru. Di bawah pimpinan Veronica Basuki Tjahaya Purnama, Deskranasda tengah berusaha mengumpulkan ikon-ikon Jakarta yang telah dilupakan masyarakat pada umumnya.

Dengan cara yang kreatif, mereka berusaha menuangkan motif flora dan fauna khas Betawi dalam motif batik-batik baru. Tak hanya mendampingi para pengrajin saja, namun mereka juga tengah menggodok cara yang menarik dan efektif untuk memasarkan produk tersebut.

"Tahun ini kita mau menggandeng Garuda dan mall-mall untuk pemasaran. Jadi saat promosi kita bisa kasih harga yang pantas," terang Veronica yang dijumpai di kawasan Jakarta Selatan, Selasa, 11 Oktober 2016.

Selain itu, Veronica juga tengah mengupayakan untuk bekerjasama dengan dunia pariwisata. Sehingga terintegritas dengan program Wonderful Indonesia yang tengah gencar dipromosikan dimana-mana.

"Agar laku kerjasama dengan pariwisata, kita dukung pengembangan Kota Tua dan Pulau Seribu, yang telah masuk dalam 10 destinasi andalan. Kebetulan Jakarta masuk juga ke dalamnya," imbuhnya.

Rencananya, keseriusan mereka akan diwujudkan dalam setahun mendatang. Dimana akan dibuka sebuah etalase untuk memasarkan produk-produk binaan Deskranasda di Kota Tua.

Tak hanya itu saja, Veronica menegaskan bahwa mereka juga tengah berupaya memperbaiki Museum Sejarah. Lalu, menghidupkan kembali aktivitas Museum Seni Rupa dengan menggelar sejumlah acara di sana.

"Kita akan menciptakan souvenir dari Kota Tua sendiri. Kota tua akan menjadi ikonik yang akan kita angkat," tuturnya penuh semangat.

Lalu, pihaknya juga menyambut sejumlah langkah pemerintah yang tengah merenovasi kawasan Kali Besar, Jakarta Pusat. Sehingga dapat membuat kawasan di sekitar Kota Tua siap menyambut wisatawan.

"Pemerintah lagi membangun Kali Besar, lagi dibersihkan. Jalan Kali Besar akan dihidupkan kembali. PKL akan ditata, dan tahun depan siap di-launching. Sekaligus menyambut Asean Games," pungkasnya.


Sumber: Travel.dream.co.id
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini