Bukit Arosbaya, Pahatan Relief Menakjubkan di Tanah Madura

Rabu, 12 Mei 2021 15:00 Reporter : Tyas Titi Kinapti
Bukit Arosbaya, Pahatan Relief Menakjubkan di Tanah Madura Bukit Kapur Arosbaya. ©2021 Merdeka.com/Kaitovid

Merdeka.com - Jika tebing kapur biasanya berwarna putih, bukit kapur yang satu ini, Arosbaya justru berwarna bata kemerah-merahan. Pemandangan Bukit Kapur Arosbaya nampak indah dengan relief tak beraturan. Gradasi warna putih kapur dan kecokelatan membuat tebing-tebingnya nampak memukau.

Tanaman liar tumbuh di antara tebing-tebing. Menambah kesan eksotis. Di sekitar bukit terdapat juga gua-gua kecil dengan lorong-lorong yang sempit. Mengunjungi destinasi wisata di Bangkala Madura, sensasinya bak sedang bermain di lokasi film petualangan.

Tak heran, wisata yang berlokasi di Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan ini digandrungi wisatawan. Pasalnya, setiap sudut Bukit Arosbaya atau juga yang dikenal Bukit Pelelangan ini menghasilkan foto instagenic.

bukit kapur arosbaya
©2021 Merdeka.com/Kaitovid

Di sekitar bukit terdapat juga gua-gua kecil dengan lorong-lorong yang sempit. Lorong-lorong ini siap membawa kamu menjelajah Bukit Kapur Arosbaya lebih dalam. Ukiran-ukiran bak tangga yang berundak ini sukses memanjakan mata.

Bukit Arosbaya dulunya merupakan tempat penambangan kapur tulis. Namun kini, sudah tidak beroperasi lagi. Tanpa disadari bekas penambangan ini membentuk relief yang menawan. Membuat bekas tambang kapur ini menjadi lokasi wisata.

Kendati demikian, beberapa bagian di bukit kapur ini memang sengaja di bentuk. Supaya para wisatawan mendapatkan spot-spot foto yang kece.

bukit kapur arosbaya
©2021 Merdeka.com/Kaitovid

Salah satu spot andalan di Bukit Kapur Arosbaya. Dari titik sini terdapat pantulan sinar matahari dari atas bukit. Sorot cahaya dengan gelapnya lorong di perbukitan ini perpaduan yang manis. Eksotis dan memikat hati. Beberapa orang mengatakanpesona Bukit Pelelangan mirip Antelope Canyon yang ada di Arizona. Setuju enggak?

Jika ingin mendapatkan foto memukau di sini, sebaiknya kamu datang saat pagi sampai siang hari. Kala itu, cahaya matahari masih terang. Jika berkunjung sore hari kemungkinan sinar mataharinya tak begitu kelihatan.

bukit kapur arosbaya
©2021 Merdeka.com/Kaitovid

Meski Madura dikenal dengan cuaca yang panas dan terik namun di Bukit Kapur Arosbaya ini terasa lebih dingin. Dinding kapur memiliki tekstur lembap dan basah membuat suhu yang berada terasa lebih sejuk dan dingin.

Untuk menikmati keindahan lanskap bukit ini tidaklah sulit.letaknya tak jauh dari situs religi makam para Raja Bangkalan, Air Mata Ibu. Tiket masuk untuk masuk ke wisata eksotis ini seharga Rp 5 ribu perorang. Wisatawan juga diminta membayar biaya retribusi parkir.

bukit kapur arosbaya
©2021 Merdeka.com/Kaitovid

Pemandangan Bukit Kapur Arosbaya dari luar. Bukit yang ada di Bangkalan memang nampak indah dari segala sisi. Beberapa orang mengatakan Bukit Kapur Arosbaya bak cuilan surga di Tanah Madura.Usai berkunjung di Bukit Arosbaya, kamu juga bisa datang ke tempat wisata Bangkalan lainnya yang tak kalah eksotis dan menawan [Tys]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini