Tengku Razaleigh Hamzah

Foto:

Tengku Razaleigh Hamzah


Nama Lengkap : Tengku Razaleigh Hamzah

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Kota Bharu, Kelantan

Warga Negara : Malaysia


Istri : Cik Puan Nur ABduullah
BIOGRAFI

Tengku Razaleigh Hamzah merupakan seorang politisi mayor di negara bagian Kelantan. Ia merupakan paman dari Ratu Kelantan. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan Malaysia pada masa jabatan 1976-1984, Menteri Perdagangan dan Industri periode 1984-1987, pemimpin World Bank, pemimpin Asian Development Bank, pemimpin Islamic Development Bamk dan juga memimpin  Petronas, salah satu perusahaan minyak Malaysia.

Razaleigh pernah mengenyam pendidikan di Malay College Kuala Kangsar (MCKK) dan Queen's University of Belfast sehingga mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi pada 1959. Setelah ayahnya meninggal dunia, ia harus menggantikannya memimpin beberapa bisnis keluarga. Selain aktifitas bisnisnya, ia kemudian bergabung dengan sebuah partai politik bernama United Malays National Organisation (UMNO).

Ia memasuki dunia politik pada April 1962 dan beruntung karena bisa menduduki posisi sebagai pemimpin Divisi Ulu Kelantan UMNO di pertemuan tahunannya. Pada pemilu 1969, ia memenangkan kursi parlemen dari daerah Kelantan Barat. Pada tahun 1975, ia terpilih menjadi wakil presiden UMNO. Karir politiknya bergulir dengan mulus. Setelah kematian Perdana Menteri Tun Abdul Razak, ia diangkat menjadi menteri keuangan menggantikan Hussein Onn. Pada tahun 2004, ia memberanikan diri untuk mengumumkan keinginannya untuk mencalonkan diri menjadi presiden pada pertemuan UMNO. Sayangnya, ia gagal mengumpulkan suara terbanyak dalam pemilihan nominasi capres dari partai tersebut.

Karena performa politiknya yang baik, ia tidak hanya dikenal sebagai seorang politisi tetapi juga selebritis.

Riset dan analisa oleh Pilar Asa Susila

PENDIDIKAN

Bachelor of Science in Economics, Queen's University of Belfast

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
    Data Kosong

Sebelumnya