XL siap hadapi lonjakan trafik pada saat Ramadan dan Lebaran

Jumat, 21 Juni 2013 17:53 Reporter : Dwi Andi Susanto
XL siap hadapi lonjakan trafik pada saat Ramadan dan Lebaran PT XL Axiata © 2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama Ramadan dan Lebaran 2013 ini, PT XL Axiata Tbk akan melipatgandakan kapasitas jaringan mereka.

Selama bulan puasa dan Lebaran, trafik komunikasi baik yang menggunakan voice, SMS maupun data (internet) XL melonjak drastis dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, XL siap menambah kapasitas jaringan mereka.

"Selama Lebaran 2013 akan terjadi kenaikan trafik semua layanan seluler, baik voice, SMS, dan terutama data/internet. Untuk itu XL siap melipatmenggandakan kapasitas jaringan," kata Vice President Project Management Officer XL, Agus Simorangkir, seperti dikutip dari Antara (20/06).

Menurut Agus, layanan voice diproyeksikan melonjak antara 5-10 persen, SMS naik 10-15 persen, sedangkan data terangkat 20-30 persen dari hari biasa.

Dia menjelaskan, saat ini XL melayani trafik percakapan (voice) hingga 600 juta menit per hari. Saat yang bersamaan trafik SMS mencapai 750 juta SMS per hari, dan trafik layanan data mencapai 185 Terabytes.

Agus juga mengatakan bahwa saat ini, XL sudah melakukan beberapa uji coba kesiapan jaringan. Uji coba tersebut dilakukan di sejumlah jalur padat ketika mudik dimulai, seperti di Lampung-Jakarta, Bandung-Jakarta, Semarang-Yogya-Solo dan Surabaya-Yogya.

Uji coba tersebut dilakukan dengan menggunakan perangkat uji sinyal yang sesuai dengan standar regulasi dipasang di kendaraan, meliputi pengukuran kualitas layanan 2G dan 3G, mulai dari voice call, video call, SMS dan data (internet dan BlackBerry).

Sedangkan uji coba menggunakan kereta api dilakukan pada jalur Jakarta-Semarang, serta jalur penyeberangan laut menggunakan ferry pada Bakahauni-Merak dan Ketapang-Gilimanuk.

Agus menuturkan, untuk mengantisipasi lonjakan XL didukung teknologi canggih yang antara lain adalah MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional.

Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik.

"Inovasi ini telah diterapkan XL sejak lebih dari 3 tahun terakhir," tegas Agus.

Secara keseluruhan ditambahkannya, bahwa tren komunikasi selama Lebaran sudah bergeser dari sebelumnya didominasi suara dan SMS menjadi layanan berbasis data dan internet.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atas layanan akses internet dan data XL terus memperluas cakupan HotRod 3G+. [das]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. XL
  3. Ramadan 2013
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini