XL sebut pelanggan tak perlu khawatirkan soal keamanan data pribadi

Jumat, 17 November 2017 13:12 Reporter : Fauzan Jamaludin
XL sebut pelanggan tak perlu khawatirkan soal keamanan data pribadi XL. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - XL Axiata meraih Sertifikasi ISO 27001 sebagai standar baku penerapan Information Security Management System (ISMS). Sertifikasi ini diberikan kepada suatu perusahaan atas kemampuannya dalam merencanakan, mengelola, mereview, dan melakukan peningkatan lebih lanjut atas upaya mengamankan informasi di perusahaan.

Menurut Yessie D Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata mengatakan, XL Axiata memang terus meningkatkan rasa aman bagi masyarakat/pelanggan dengan menerapkan standar internasional ISO 27001 dalam menjaga keamanan data pelanggan.

"Kami sebenarnya juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO 27001 sejak tahun 2016 lalu, namun masih dalam ruang lingkup yang terbatas pada unit bisnis yang berhubungan dengan produk enterprise. Kemudian pada tahun ini kami perluas lagi ruang lingkupnya hingga mencakup layanan end-to-end proteksi data pelanggan, baik ada yang ada di sisi layanan telekomunikasi maupun sisi Teknologi Informasi," ungkapnya di Jakarta.

Kata dia, untuk mendapatkan sertifikasi itu tak mudah. Sebab, selain harus lolos audit dari badan sertifikasi ISO, juga harus mampu secara konsisten menjalankan sistem keamanan yang sesuai standar tinggi ini secara ketat di mana secara berkala juga dilakukan audit setiap tahun.

Sementara itu, beberapa peraturan yang menjadi acuan untuk pemenuhan jaminan keamanan data pelanggan antara lain adalah Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 12 / 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi (beserta perubahan-perubahannya) dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 20 / 2016 Tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik.

Terkait kewajiban pelanggan untuk melakukan registrasi kartu prabayar yang prosesnya masih terus berlangsung saat ini, dengan diraihnya Sertifikasi ISO 27001 ini XL Axiata juga berharap kepercayaan pelanggan terhadap XL Axiata sebagai operator juga semakin meningkat, terutama dalam penanganan data-data pelanggan. Hal ini juga sesuai dengan ketentuan dalam regulasi. [ega]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. XL
  3. Telco
  4. Teknologi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini