Xiaomi Perkenalkan CC9 Pro, Smartphone 5 Kamera Bersensor 108MP!

Rabu, 6 November 2019 12:30 Reporter : Indra Cahya
Xiaomi Perkenalkan CC9 Pro, Smartphone 5 Kamera Bersensor 108MP! Xiaomi CC9 Pro. ©2019 engadget.com

Merdeka.com - Xiaomi akhirnya mengungkap smartphone terbarunya yang mengusung sensor kamera 108MP, yakni CC9 Pro. Smartphone ini resmi jadi perangkat dengan resolusi kamera terbesar saat ini.

Bahkan, melansir Engadget, klaim terbesar ini tak cuma ada di smartphone, namun di seluruh perangkat yang ada. Bagaimana tidak, kamera Fujifilm GFX 100 yang merupakan kamera medium format dan diyakini punya resolusi tertinggi, hanya punya 102MP. Meski demikian, kamera Fujifilm ini punya ukuran sensor yang lima kali lebih besar.

Kembali soal CC9 Pro, perangkat ini punya lima buah kamera. Selain kamera 108MP, terdapat kamera telefoto 5x zoom 5MP, telefoto 2x zoom 12MP, ultra-wide angle 20MP, serta kamera makro 2MP.

Seperti dilaporkan sebelumnya, sensor kamera ini dikembangkan oleh Samsung bekerjasama dengan Xiaomi yang diberi nama ISOCELL Bright HMX. Sensor kamera ini cukup besar untuk ukuran sensor kamera smartphone, yakni 1/1,33 inci. Ukuran ini hanya sepertiga ukuran dari sensor kamera digital terbaik dari Sony RX100 VII.

1 dari 2 halaman

Keunggulan Kamera CC9 Pro

Kamera 108MP ini sendiri akan beroperasi menggunakan teknologi pixel binning yang menggabungkan empat piksel jadi satu, yang pada dasarnya seperti 27MP. Nah, Jika berhasil mengambil sebuah foto yang baik dari kamera ini, Anda pada dasarnya bisa mencetaknya jadi seukuran billboard dengan ukuran lebih dari 4 meter persegi.

Untuk memastikan tidak ada blur dan gambar yang goyang, CC9 Pro memiliki stabilisasi optikal 4 sumbu di sensor utamanya. Selain itu, terdapat stabilisasi elektronik dengan nama ShootSteady yang membuat video 4K besutannya jadi makin baik.

Terlebih lagi, terdapat fitur slow-motion hingga 960 fps untuk videonya. Terdapat juga modus vlog yang akan memperbaiki dynamic range di kala vlogging.

Terdapat juga night mode 2.0 yang memadukan deretan jepretan dengan berbagai kecerahan untuk meredam noise di keadaan redup cahaya. Kamera smartphone ini juga dapat menjepret di format RAW.

Kamera telefoto dari smartphone ini ada dua buah. Salah satunya, yakni yang mengusung sensor 5MP, disebut memiliki kemampuan zoom hibrida hingga 10x dan 50x. Hal ini membuat smartphone ini memiliki rasio zoom hibrida terbesar saat ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi dan Harga

Selain keunggulannya soal kamera, smartphone ini mengusung spesifikasi berupa prosesor Snapdragon 730G dengan pilihan RAM 6GB atau 8GB, layar AMOLED 6,47 inci, serta baterai 5.260mAh.

Soal harga, smartphone ini dibanderol dengan harga 2.799 Yuan (Rp 5,7 Juta) untuk RAM 6GB, dan 3.099 Yuan (Rp 6,2 Juta) untuk RAM 8GB. [idc]

Baca juga:
Studi: Smartphone dan Tablet Buruk Untuk Jadi 'Babysitter'
Huawei Tetap Dominasi Pasar Smartphone Tiongkok
Ini Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Lite, Rilis Tahun Depan
Software Kamera Smartphone Lebih Penting Dari Megapiksel?
Oppo, Vivo, dan Realme Siap 'Menyelinap' Jadi Vendor Smartphone Terbesar Dunia
Ini Rumor Spesifikasi Xiaomi Mi Note 10 dan Mi Note 10 Pro, Tertarik?
Ini Penampakan dan Prediksi Spesifikasi Smartphone Lipat Motorola RAZR

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Xiaomi
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini