Xiaomi 'pecundangi' Samsung di India

Rabu, 15 Agustus 2018 11:34 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Xiaomi 'pecundangi' Samsung di India Xiaomi vs Samsung. ©2018 XiaomiToday

Merdeka.com - Produsen smartphone asal China, Xiaomi secara terang-terangan menunjukkan kemampuannya menguasai pasar India. Xiaomi mengambil alih posisi Samsung yang sebelumnya menguasai India dalam hal penjualan smartphone Android.

India yang merupakan pasar smartphone terbesar kedua di dunia setelah China memang menjadi lahan gembur bagi Xiaomi mengingat perusahaan yang dipimpin oleh CEO Lei Jun tersebut selalu memasang harga yang bersahabat dengan kantong masyarakat di sana. Tidak hanya harga yang terjangkau spesifikasi yang ditawarkan pun setara dengan perangkat Samsung yang harganya jauh di atas mereka. Tidak ada alasan masyarakat India tidak memilih membeli perangkat Xiaomi.

Dalam kuartal kedua kali ini, IDC merilis sebuah data yang menampilkan bahwa Xiaomi menjual 10 juta unit smartphone di India, meningkat 108 persen dari tahun sebelumnya di periode yang sama. Dari total semuanya, Xiaomi memiliki pangsa pasar sebesar 29,7 persen di India.

Data IDC kemenangan Xiaomi di India ©2018 IDC

Sementara itu, Samsung berada di posisi kedua dengan pengapalan 8 juta unit (naik 21,3 persen dari tahun sebelumnya di periode yang sama). Samsung memiliki pangsa pasar yang lebih kecil dari Xiaomi, yakni 23, 9 persen. Semua ini dihitung dalam kuartal kedua 2018, yang mana periodenya dari April hingga Juni.

OPPO dan Vivo berada di tempat ketiga dan keempat, masing-masing dengan 12,6 persen dan 7,6 persen dalam hal pangsa pasar di India.

Xiaomi dinilai berhasil dalam hal penguasaan pasar India, yang mana dia jauh mengalahkan Samsung yang selama beberapa tahun lalu cukup berjaya di negara tersebut. Xiaomi telah memperluas kehadirannya secara off-line di India, yang mana mereka mengirimkan sepertiga dari smartphone Xiaomi selama Q2. Tercatat 56 persen pengiriman smartphone Xiaomi dilakukan on-line.

Good job, Xiaomi! [ega]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini