Xiaomi dan ambisi besar Lei Jun

Jumat, 9 Februari 2018 13:28 Reporter : Fauzan Jamaludin
Xiaomi dan ambisi besar Lei Jun Lei Jun - CEO Xiaomi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Xiaomi rupanya memiliki target baru di tahun 2018. Target dan ambisinya itu yakni menjadi nomor wahid di Tiongkok dalam 10 kuartal atau 2,5 tahun. Hal itu dikatakan Lei Jun, Founder & CEO Xiaomi dalam tulisannya di blog Xiaomi. Menurutnya, langkah memenangkan pasar di China merupakan cara strategis agar bisa memenangkan pasar di dunia.

Ia beranggapan, pasar di negeri asalnya itu merupakan market elektronik konsumen terbesar di dunia dan tentunya yang paling kompetitif. Maka itu, bila pasar tersebut telah digenggam, suatu keniscayaan Xiaomi bisa memenangkan pasar di negara-negara lain. Apalagi kata dia, di tahun 2018 diprediksikan pasar smartphone China akan mengalami penurunan untuk pertama kalinya. Ini setelah terjadi pertumbuhan pasar lebih dari satu dekade.

"Dampaknya kompetisi akan semakin brutal," katanya.

Meski begitu, ia memandang tiada jalan lain selain harus berkompetisi secara ketat dengan terobosan-terobosan inovasi. Di satu sisi, tahun ini menuntut Xiaomi untuk agresif di kancah global. Jun pun menceritakan kala dirinya lawatan ke beberapa negara di mana Xiaomi hadir seperti di India, Indonesia, dan Vietnam.

"Saya melihat peluang besar di sana," jelasnya.

Terlepas dari ketiga negara itu, Jun mengakui saat ini pihaknya telah memasuk lebih dari 70 pasar global. Namun, menurutnya hal ini barulah permulaan. Masih banyak ruang untuk pertumbuhan di pasar yang Xiaomi hadir.

"Kita masih harus memasuki lebih banyak pasar di seluruh dunia. Pasar luar negeri mewakili peluang besar bagi kita dan kita perlu memberi lebih banyak dukungan dalam hal strategi, sumber daya, dan pengembangan produk lokal, serta mengirim lebih banyak karyawan kita ke seluruh dunia," ungkap Jun. [ega]

Topik berita Terkait:
  1. Xiaomi
  2. Teknologi
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini