Wow, kamera ini bisa tangkap 100 miliar gambar dalam satu detik!

Senin, 8 Desember 2014 15:07 Reporter : Bramy Biantoro
Wow, kamera ini bisa tangkap 100 miliar gambar dalam satu detik! Ilustrasi kamera. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Beberapa waktu yang lalu, ilmuwan berhasil menciptakan sebuah kamera super yang mampu menangkap 10 jura gambar per detiknya. Sayangnya itu sudah 'usang', karena ilmuwan kembali melahirkan kamera baru dengan kekuatan lebih dahsyat.

Berbekal teknologi Compressed Ultrafast Photography (CUP), ilmuwan dari Universitas St. Louis membuat sebuah kamera 2D yang mampu mengabadikan sekitar 100 miliar frame gambar per detik!

Menariknya, kamera super itu dibuat dari kamera kilat biasa. Ilmuwan hanya menambahkan lensa, teleskop, dan mikroskop untuk meningkatkan kekuatannya. Nantinya cahaya yang memasuki deretan lensa tersebut akan terus dipecah-pecah hingga berjumlah miliaran frame.

Lalu, setelah itu cahaya akhir yang ditangkap oleh si kamera dalam bentuk mentah atau 'raw'. Kemudian, sensor komputer dan teknologi CUP yang diintegrasikan dengan kamera itu akan merubahnya menjadi gambar.

"Untuk pertama kalinya, manusia bisa melihat partikel cahaya yang sedang bergerak," ujar profesor Lihong Wang, Slashgear (06/12).

Profesor Wang juga berharap kamera buatan timnya itu bisa berperan besar dalam perkembangan teknologi kuantum dan penemuan-penemuan baru di bidang antariksa.

"Menggabungkan pencitraan dari CUP dan teleskop Hubble, kita bisa melahirkan gambar angkasa dengan resolusi tertinggi. Tentu saja, ini akan menjadi awal lahirnya penemuan sains baru," tambah profesor Wang. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Teknologi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini