Windows XP masih digemari di Indonesia

Rabu, 2 Januari 2013 08:20 Reporter : Alvin Nouval
Windows XP masih digemari di Indonesia grafikOS. © StatCounter Global Stats

Merdeka.com - Berdasarkan statistik yang didapat dari StatCounter Global Stat, ditemukan bahwa Windows XP masih menjadi OS terlaris di Indonesia.

Survei yang dilakukan pada Bulan Januari 2012 hingga November 2012 ini mencatat berbagai macam OS yang dipakai oleh pengguna di seluruh dunia termasuk Indonesia. Terdapat sedikitnya lima macam Operating System yang mampu menduduki lima posisi teratas.

Dalam statistik wilayah Indonesia, Windows XP mampu menduduki peringkat teratas disusul Windows 7 pada peringkat kedua. Data ini sedikit kontras jika dibandingkan dengan apa yang ditunjukkan lebih dari 50 persen penduduk Malaysia maupun dunia yang menjadikan Windows 7 sebagai primadona.

Perbedaan ini tentunya menarik mengingat Windows XP merupakan produk keluaran lama dari Windows. Padahal, telah ada Windows Vista maupun Windows 7 yang menawarkan perubahan dan fitur lebih. Terlebih lagi, Windows 7 merupakan OS yang lebih unggul fitur-fiturnya dibandingkan Windows XP.

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia masih cukup puas dengan apa yang ditawarkan oleh Windows XP dan tidak tertarik untuk melakukan upgrade. Dalam hal ini, masyarakat Indonesia masih ketinggalan dari negara tetangga, Malaysia, yang lebih dari 50 persen penduduknya beralih Windows 7.

Patut disimak juga apakah penggunaan Windows XP masih akan terus berlanjut lagi nantinya. Sedangkan pada 2014 mendatang Microsoft akan menghentikan support untuk XP dan memilih memfokuskan diri ke Windows 7 dan 8. [nvl]

Topik berita Terkait:
  1. Windows
  2. Windows XP
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini