WhatsApp di Android Kini Bisa Dikunci Dengan Sidik Jari

Jumat, 1 November 2019 11:15 Reporter : Indra Cahya
WhatsApp di Android Kini Bisa Dikunci Dengan Sidik Jari Ilustrasi WhatsApp. ©2019 mobilemarketingmagazine.com

Merdeka.com - WhatsApp baru saja mengumumkan kalau kini aplikasi perpesanan terpopuler tersebut dapat dikunci dengan sidik jari. Fitur ini sudah ada di iOS sejak awal tahun ini, namun kini telah bisa didapatkan juga di Android.

Melansir The Verge, jika fitur ini diaktifkan, Anda harus memindai sidik jari Anda tiap kali masuk ke WhatsApp, meski Anda telah unlock ke smartphone menggunakan fingerprint sensor juga.

Ini adalah tingkatan keamanan baru yang ditambahkan ke WhatsApp agar aplikasi ini tidak disalahgunakan oleh orang yang mungkin memiliki akses ke smartphone Anda.

Dengan ini, WhatsApp punya keamanan yang setara dengan aplikasi mobile banking atau dompet digital yang diharuskan memasukkan pin sebelum masuk aplikasi.

1 dari 1 halaman

Sementara Hanya Tersedia di Beberapa Daerah

Pembaruan WhatsApp ini belum tersedia di semua area secara global, termasuk di Indonesia. Namun jika sudah, Anda bisa mengaktifkan fitur ini lewat menu setelan Privasi.

Terdapat beberapa opsi seperti otomatis unlock setelah 30 menit unlock, serta opsi tidak memunculkan notifikasi yang notabene membeber isi chat yang ditujukan ke Anda di layar secara pop-up.

Fitur ini juga belum tersedia di Pixel 4 Series, karena smartphone ini tidak memiliki sensor sidik jari. Berbeda dengan WhatsApp versi iOS yang telah mendukung unlock aplikasi lewat Face ID, face unlock di Android masih belum didukung WhatsApp. [idc]

Baca juga:
WhatsApp Umumkan Fitur Baru Penguncian Aplikasi di Android
Bobol Privasi Pengguna, WhatsApp Seret Vendor Spyware ke Meja Hijau
Cara Hilangkan Status 'Typing...' di WhatsApp
WhatsApp Siapkan WhatsApp Pay Masuk Indonesia
Sukses di India, Kapan WhatsApp Pay Masuk Indonesia?
Rudiantara Soal Whatsapp Pay: Yang Penting Lindungi Masyarakat

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini