Waspada! Bahaya Mengintai saat Remote Working Pakai Platform Gratis Sembarangan

Kamis, 16 April 2020 17:16 Reporter : Iwan Tantomi
Waspada! Bahaya Mengintai saat Remote Working Pakai Platform Gratis Sembarangan ©Shutterstock

Merdeka.com - Pandemi Corona benar-benar membuat sebagian besar masyarakat Indonesia harus betah berlama-lama #DiRumahAja. Hal ini berimbas pada berbagai aktivitas rutin sehari-hari, termasuk remote working. Dari yang awalnya meeting langsung bersama kolega atau klien, kini sedikit-sedikit harus online meeting.

Tak heran besarnya fungsi, berbagai platform penunjang meeting online pun kini bertebaran. Sebagian besar dapat digunakan secara cuma-cuma. Sayangnya banyak yang tak menyadari, jika ada bahaya yang mengintai dari penggunaan platform gratis sembarangan selama remote working.

1 dari 3 halaman

Berisiko Diretas Hacker

hacker©Shutterstock

Keamanan saat menggunakan platform gratis sembarangan, seperti aplikasi video conference tak bisa dipastikan. Hal ini berpeluang bagi para hacker untuk mencuri beragam data diri yang digunakan untuk login. Apalagi kini banyak platform keamanan digital yang menggunakan sistem pemindah wajah. Bisa saja, dari wajah yang terekam saat video conference dimanfaatkan para hacker untuk meretas beragam dokumen penting yang dimiliki.

2 dari 3 halaman

Data Diri Gampang Disalahgunakan Pihak Tak Bertanggung Jawab

gampang disalahgunakan pihak tak bertanggung jawab©Shutterstock

Lebih lanjut, saat daftar menggunakan platform gratis sembarangan ini, akan tetap diminta memasukkan email hingga nomor telepon. Bahkan karena sedang penting banget, kadang malah langsung main klik-klik saja. Padahal, selain tak terjamin keamanannya, data yang tersimpan dalam platform gratis sembarangan tersebut bisa saja disalahgunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. Bagaimanapun kewaspadaan selama remote working ini perlu ditingkatkan, lantaran kita hidup di era big data.

3 dari 3 halaman

Data Kantor Juga Berisiko Mengalami Kebocoran

juga berisiko mengalami kebocoran©Shutterstock

Dampak lebih luas, data kantor atau perusahaan juga rentan mengalami kebocoran. Ini karena selama melakukan meeting online, paltform yang digunakan selain gratis juga tak diperhatikan keamanannya. Sementara data perusahaan ini sangat vital, dan bisa diperjualbelikan kepada kompetitor yang ingin melakukan persaingan bisnis tak sehat.

Di sinilah pentingnya untuk mengutamakan keamanan dan privasi, selama menjalani remote working dari rumah. Demi membuat para pekerja tetap nyaman dan pastinya aman bekerja saat #DiRumahAja, Cisco pun mengenalkan teknologi penunjang remote working bernama Cisco Webex for Virtual Environtment.

Teknologi tersebut menghadirkan platform untuk online meeting yang aman dengan kolega. Bukan hanya untuk karyawan, Cisco bahkan menyediakan Cisco Webex for e-learning offers yang turut mendukung kegiatan belajar di rumah bagi para pelajar, yang aman sekaligus menghadirkan kelas virtual yang kaya pengalaman.

Sementara demi meningkatkan keamanan berinternet, Cisco juga mengeluarkan teknologi secure software development lifecycle (SDLC), berupa Cisco Online Security for remote worker. Ada 3 layanan keamanan online yang bisa dicoba. Pertama, Cisco Umbrella yang bisa melindungi data pengguna dari jaringan internet berbahaya, baik saat sedang terhubung maupun tidak. Kedua, ada Duo Security yang membantu perusahaan melakukan verifikasi identitas kepada para pegawainya. Ketiga, Cisco Anyconnect Secure Mobile Client yang memberikan akses kepada pegawai buat bekerja dari manapun, termasuk rumah, baik menggunakan laptop maupun mobile device lainnya.

Bukan itu saja, Cisco juga menghadirkan Cisco Advanced Malware Protection (AP) for Endpoint. Lewat teknologi tersebut, kebocoran data maupun block pada Malware dapat terdeteksi ketika menembus sistem. Hasilnya, remote working berjalan lancar, kamu pun bisa bekerja maupun berinternetan di rumah dengan aman dan nyaman. Temukan informasi tentang Cisco lebih lanjut di sini.

[tmi]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini