Waspada Adware, Aplikasi yang Isinya Cuma Iklan Namun Tak Ada Gunanya

Rabu, 9 Januari 2019 11:43 Reporter : Indra Cahya
Waspada Adware, Aplikasi yang Isinya Cuma Iklan Namun Tak Ada Gunanya Ilustrasi Adware. ©2019 Computer Business Review

Merdeka.com - Penipuan online datang dari banyak sekali skema yang seringkali tak kita duga. Salah satu metode penipuan online terbaru adalah lewat aplikasi yang kita pasang di smartphone.

Menurut laporan terbaru dari Trend Micro yang dikutip Phone Arena, lebih dari 9 juta pengguna Android 'ditipu' untuk menginstal 85 aplikasi dari Google Play Store yang berisi Adware. Adware adalah aplikasi yang hanya berisi iklan dan tak benar-benar memiliki fungsi atau guna untuk kita manfaatkan, selain sekedar memanfaatkan penggunaan kita untuk ladang pemasangan iklan.

Aplikasi-aplikasi ini terdaftar sebagai game, TV, serta aplikasi simulator remote control.

Buruknya, aplikasi adware ini menampilkan iklan layar penuh, iklan tersembunyi, dan iklan yang berjalan di latar belakang. Tentu skema ini sangat menguntungkan bagi si pengembang adware.

Trend Micro sendiri tak bisa memberi daftar lengkap aplikasi-aplikasi apa yang merupakan adware, namun mereka melaporkannya ke Google dan semuanya telah ditumpas.

Meski demikian, ada beberapa ciri yang selalu ada pada adware yang bisa Anda gunakan sebagai acuan agar tak terjebak di dalamnya. Ciri utama adalah iklan layar penuh yang selalu muncul.

Iklan ini bisa ditutup dengan menekan tombol X seperti biasa, namun akan ada dialog box berikutnya yang berisi tulisan "start" atau "next", yang diharapkan diklik oleh pengguna. Biasanya jika telah terklik, akan ada iklan layar penuh lainnya. Hal ini akan muncul terus menerus.

Di beberapa aplikasi yang lebih berbahaya, adware ini akan hilang dari layar. Bahkan ikon pun akan hilang dari homescreen kita. Namun aplikasi tersebut sebenarnya tersembunyi dan berjalan di latar belakang. Iklan akan tetap saja muncul tiap 15 atau 30 menit tanpa kita sadari.

Adware ini ternyata tak banyak disadari pengguna. Salah satu aplikasi adware bernama Easy Universal TV Remote bahkan memiliki 5 juta akun yang memasangnya di smartphone mereka.

Jadi, jangan sampai memasang aplikasi yang terlihat aneh ya, bisa jadi itu penipuan. Jangan lupa untuk cek review atau sempatkan Googling nama aplikasi dan melihat ulasannya sebelum memasang. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Malware
  2. Hacker
  3. Aksi Hacker
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini