WanTIKnas: BRI tepat punya satelit sendiri

Kamis, 23 Juni 2016 14:20 Reporter : Fauzan Jamaludin
WanTIKnas: BRI tepat punya satelit sendiri Ilustrasi peluncuran dan satelit BRI. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Merdeka.com – Ketua Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (WanTIKnas), Ilham Habibie, mengapresiasi langkah Bank BRI memiliki satelit sendiri, BRIsat. Menurutnya, hal itu disesuaikan juga dengan banyaknya jumlah cabang Bank BRI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Di samping itu juga, kondisi infrastruktur teknologi di Indonesia yang belum merata, membuat solusi penggunaan satelit lebih cocok untuk mengatasi tantangan tersebut.

"Kalau Bank BRI sangat perlu satelit. Karena mereka banyak cabang, cabang pembantu, atm di daerah di mana infrastruktur lainnya dari segi kualitas masih kurang atau tidak ada. Itu memerlukan satu jaringan internal di mana satelit kalau dimiliki sendiri adalah solusi baik sekali," ujarnya kepada Merdeka.com, Kamis (23/06).

Dikatakannya, sebagai bank terbesar nomor dua di Indonesia, langkah Bank BRI untuk menjadi bank yang unggul dalam hal teknologi, dirasa tepat.

"Menurut saya pilihan Bank BRI mempunyai satelit sendiri tepat, baik dari segi teknis maupun komersial," kata dia.

BRIsat sendiri telah berhasil diluncurkan pada Minggu (19/06) dari Kuorou, Guyana Perancis. Satelit tersebut nantinya, akan berada di slot orbit 150,5 derajat bujur timur (BT). Slot orbit yang dimiliki BRI saat ini, awalnya digunakan oleh satelit Palapa C2 milik Indosat.

BRISat akan menggunakan dua frekuensi yaitu C band dan KU band. C band akan digunakan untuk transaksi keuangan dan KU Band untuk komunikasi non keuangan. C band menggunakan frekuensi gelombang rendah sehingga tahan cuaca, sedangkan untuk KU band menggunakan gelombang tinggi sehingga mempunyai power yang kuat. Satelit ini akan mampu bertahan hingga 17 tahun lamanya. [idc]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini