Video pertama pendaratan Curiosity di Mars?

Selasa, 7 Agustus 2012 10:06 Reporter : Dwi Andi Susanto
Video pertama pendaratan Curiosity di Mars? Ilustrasi pendaratan Curiosity di Mars (© Telegraph.co.uk)

Merdeka.com - Sebuah robot yang dinamakan Curiosity berhasil mendarat di permukaan Mars, kemarin (06/08). Sesaat setelah mendarat, Curiosity mengirimkan 3 foto pertamanya ke badan antariksa Amerika Serikat, NASA. Berselang satu hari, terdapat satu video yang menampilkan pendaratan Curiosity.

Dalam menit pertama video yang hanya berdurasi 1:03 menit tersebut terdapat penjelasan bahwa sebenarnya video tersebut merupakan gabungan dari 297 foto yang diambil oleh Curiosity dari udara sebelum mendarat. Pihak NASA menyatukan setiap gambar dan dijadikan sebuah gambar gerak atau video.

Video yang pertama kali diunggah ke YouTube pada tanggal 6 Agustus 2012 oleh JPLnews, sampai sekarang (07/08) telah ditonton sebanyak 302 kali dan mendapatkan like sebanyak 3,385 kali dan dislike sebanyak 17 kali. Di bawah video tersebut terdapat berbagai komentar dari pengguna YouTube lainnya.

Ada banyak yang mengatakan bahwa video tersebut adalah rekayasa atau sengaja dibuat untuk menghadirkan kehebohan seiring kesuksesan Curiosity mendarat di Mars, namun tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa video tersebut adalah asli. Setelah melihat video di bawah ini, menurut Anda, apakah video hasil penggabungan banyak foto tersebut adalah asli?

[das]

Topik berita Terkait:
  1. NASA
  2. Planet Mars
  3. Curiosity
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini