Video penampakan monster laut langka ini gemparkan YouTube

Selasa, 25 November 2014 17:04 Reporter : Bramy Biantoro
Video penampakan monster laut langka ini gemparkan YouTube Anglerfish langka. © MBARI/YouTube

Merdeka.com - Salah satu ikan yang dengan wajah menyeramkan yang sering diklaim sebagai monster lautan dalam, Anglerfish, telah berhasil terekam kamera untuk pertama kalinya. Video penampakan Anglerfish yang sudah diunggah di YouTube itu pun mendapat perhatian dari jutaan netizen.

Anglerfish langka yang tertangkap di dalam video buatan MBARI itu adalah spesies Melanocetus yang mendapat julukan 'Black Seadevil' atau 'setan laut hitam'. Julukan ini merujuk pada warna gelapnya dan deretan gigi-gigi tajam yang menghiasi rahangnya.

Anglerfish jenis Melanocetus memang sangat jarang ditemukan di habitat asalnya. Ini cukup beralasan, mengingat spesies ini hidup di kedalaman ratusan bahkan ribuan meter di dasar laut.

Mereka juga lebih suka berburu di dasar laut gelap menggunakan sungut bersinarnya yang dijadikan sebagai alat pancing. Saat mangsa yang berupa ikan-ikan kecil terpengaruh oleh gerakan sungut bersinar dari ikan itu, maka si Anglerfish itu akan langsung menelannya.

Robot penyelam milik MBARI yang bernama ROV Doc Rickett sendiri berhasil merekam ikan langka tersebut di kedalaman 600 meter di bawah permukaan laut pada tanggal 21 November lalu. Lokasi kemunculan Anglerfish Melanocetus saat itu berada di Monterey Canyon yang terletak di daerah California Amerika.

MBARI juga mengklaim jika video ini adalah yang pertama yang mampu menampilkan secara langsung spesies Melanocetus yang hidup di dasar laut.

Uniknya, meskipun terlihat sangat menyeramkan, monster laut itu hanya berukuran mini, yaitu 9 sentimeter saja. Anglerfish spesies Melanocetus memang tercatat berukuran kecil. Betina dari spesies ini hanya bisa tumbuh hingga 18 sentimeter, sementara si jantan hanya mampu tumbuh hingga 3 sentimeter.

Ini tentunya berbeda dengan Anglerfish spesies lain yang mampu tumbuh hingga lebih dari satu meter dan berat mencapai 45 kilogram.

Video langka ini nampaknya mampu membuat kegemparan tersendiri dan menarik perhatian netizen dalam jumlah besar. Buktinya, hanya dalam waktu 4 hari sejak pertama kali diunggah tanggal 21 November lalu, video penampakan Anglerfish Melanocetus itu sudah ditonton lebih dari 4,5 juta kali.

Jika Anda tertarik melihat si ikan langka itu, berikut videonya.

[bbo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini