[Video] Mengintip kehebohan 100 robot mungil berdansa di Jepang

Rabu, 21 Januari 2015 09:30 Reporter : Bramy Biantoro
Robot Robi berdansa di Jepang. ©YouTube/Mashable

Merdeka.com - Sebuah robot menari mungkin sudah sering dilihat oleh manusia. Lain halnya dengan acara di Jepang satu ini, tidak hanya satu, belasan, atau puluhan, melainkan 100 robot sekaligus menari bersama-sama.

Senin (20/01), seratus robot 'manusia' atau humanoid melakukan tarian bersama rutin di Tokyo. Robot-robot bernama 'Robi' itu adalah hasil karya insinyur Jepang, Profesor Tomotaka Takahashi, yang sudah dijual untuk umum sejak awal tahun 2014 kemarin.

Robi sendiri berukuran cukup mungil, yakni hanya 35 sentimeter saja, sementara bobotnya 1 kilogram. Salah satu kelebihan dari Robi adalah menari dan menunjukkan perasaan dengan merubah warna matanya.

Robot lucu ini juga dapat diajak berbicara dan mengerti 270 kata Jepang dan dapat dilatih untuk mengerti ratusan kosakata lain. Ketika pengguna memanggil Robi, maka kepalanya dapat berputar hingga 360 derajat untuk menemukan lokasi pengguna.

Saat dansa secara beramai-ramai kemarin pun, terlihat bila Robi bisa diperintah menggunakan suara. Bahkan, show 100 Robi selama 3 menitan itu terlihat sangat harmonis dan nyaris tanpa cela.

Apakah Anda tertarik untuk membelinya? Sebaiknya pikir dulu dua kali, meski sangat canggih dan lucu, harga satu Robi ini dipatok USD 1500 atau hampir Rp 19 juta.

Menurut Profesor Takahashi, harga itu sudah sangat murah mengingat dirinya sudah mendesain Robi agar bisa diproduksi masal dengan harga miring.

[bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Robot
  2. Teknologi
  3. Jepang
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.