[Video] Kejamnya Amerika paksa tahanan Guantanamo makan

Reporter : Alvin Nouval | Selasa, 9 Juli 2013 11:07
[Video] Kejamnya Amerika paksa tahanan Guantanamo makan
Penjara Guantanamo. aljazeera.com

Merdeka.com - Selama ini tak ada yang mengetahui bagaimana tawanan di Kamp Teluk Guantanamo milik Amerika Serikat diperlakukan. Termasuk ketika mereka menolak untuk makan karena merasa tak mendapatkan keadilan hukum.

Cara Irit Pererat Pertemanan dengan Jalan-Jalan

Untuk memaksa para tawanan yang sebagian besar beragama Islam ini untuk makan sendiri Amerika Serikat memiliki prosedur yang sangat menyakitkan. Prosedur ini dilakukan dengan cara memasukkan makanan melalui sebuah selang yang disambungkan ke lubang hidung.

Dibayangkan saja sudah sangat menakutkan, namun, pernahkah Anda melihatnya secara langsung?

Penasaran dengan hal ini, Yasiin Bey atau yang dikenal dengan nama panggung Mos Def, aktor, mencoba untuk menjadi sukarelawan. Dibantu dengan The Guardian (8/7), Mos Def pun merasakan betapa sakitnya dipaksa makan seperti yang dialami oleh para tawanan guantanamo.

Memang, saat Ramadan datang, sekitar lebih dari 100 kasus kelaparan di penjara tersebut terjadi. Hal ini terjadi karena sebagian besar tawanan merasa tak diperlakukan secara adil menurut hukum.

Amerika Serikat sendiri kemudian memaksa 40 tawanan tiap harinya untuk makan melalui cara menyakitkan ini. Hal ini dilakukan setidaknya terhadap satu orang selama dua kali dalam sehari.

Di YouTube sendiri video ini menjadi viral dalam waktu yang singkat. hanya dalam beberapa jam saja, sudah ada hampir 200 ribu pemirsa yang melihatnya.

Peringatan: beberapa pemirsa mungkin menganggap video ini sangat mengganggu.

[nvl]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE