Usai China, Apple incar India untuk jadikan 'ladang subur'

Senin, 16 Juli 2018 12:12 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Usai China, Apple incar India untuk jadikan 'ladang subur' Apple iStore. ©2018 Bloomberg

Merdeka.com - Seperti yang kita tahu, China merupakan pasar terbesar Apple kedua setelah Amerika Serikat. Namun saat penjualan di China mulai melambat, CEO Apple - Tim Cook mulai mengarahkan bidikannya ke India.

Mengincar India untuk dijadikan 'ladang subur' pendapatan Apple bukan tanpa alasan. Pihak Apple sudah melakukan penelusuran cukup lama dan memperoleh data bahwa India merupakan pasar smartphone terbesar kedua secara global. Sayangnya, ekonomi India tidak mendukung untuk membeli perangkat Apple yang terkenal mahal.

Untuk itu, Tim Cook berencana untuk fokus menjual perangkat model lama di India. Kemungkinan besar, iPhone SE dan iPhone 6S yang bakal dijual di sana. Tidak berhenti di situ, dua perangkat tersebut dibuat di India sebagai cara agar konsumen di sana tidak membayar pajak impor dan bea cukai. Strategi yang menarik, bukan?

Faktanya, langkah Apple yang hendak menguasai India tidaklah mudah. Apple bakal mengalami kesulitan untuk bersaing dengan Xiaomi yang 'menghajar' pasar India tanpa ampun saat ini. Saat ini, Apple hanya memiliki pasar 2 persen saja di India.

Mampukah Apple menguasai pasar India? Kita nantikan saja. [ega]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini