Urusan buang air kecil, manusia tak ada bedanya dengan gajah

Selasa, 22 Oktober 2013 06:32 Reporter : Alvin Nouval
Urusan buang air kecil, manusia tak ada bedanya dengan gajah Ilustrasi tes urin. ©Shutterstock.com/ Bork

Merdeka.com - Pernah menghitung berapa lama kira-kira waktu yang Anda butuhkan untuk buang air kecil? Ternyata, waktu yang kita butuhkan sama dengan yang monyet, anjing, kucing, hingga gajah butuhkan untuk kegiatan yang sama.

Seperti yang dilansir The Verge (19/10), sebuah penelitian yang dilakukan oleh Georgia Institute of Technology menemukan aturan baku mengenai lama buang air kecil yang dilakukan tiap mamalia, yaitu 21 detik. Aturan yang ditulis dalam makalah Law of Orientation ini pun ternyata ditemukan dalam hampir tiap mamalia yang ada, mulai dari yang kecil hingga besar.

Patricia Yang dan peneliti lain awalnya mengobservasi sapi jantan dan betina, anjing, gajah, kambing, dan hewan pengerat di Atlanta Zoo. Mereka kemudian merekam aktivitas buang air kecil dari masing-masing mamalia dan mencatat mulai dari jumlah besarnya urin, tekanan saat buang air kecil, panjang uretra, yang kemudian dibandingkan dengan beberapa video serupa di YouTube.

Setelah dikalkukasikan, terbukti bahwa waktu yang sama digunakan semua mamalia ini untuk buang air kecil. Padahal, tiap mamalia memiliki jumlah besaran urin sendiri yang berbeda-beda mulai dari hanya 100 mililiter hingga 100 liter per sekali buang air kecil.

Menurut peneliti, hal ini kemungkinan disebabkan karena adanya tekanan dan gaya tarik bumi. Sehingga, makin besar mamalia, maka makin besar gaya tarik bumi dan tekanannya saat buang air kecil.

Penelitian ini sendiri belum masuk jurnal ilmiah. Namun, para peneliti memiliki kesempatan tersebut saat mempresentasikannya pada konvensi Fisika Nasional bertajuk American Physical Society Division of Fluid Dynamics yang diselenggarakan tahun depan. [nvl]

Topik berita Terkait:
  1. Penelitian Ilmiah
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini