Update OTA Asus ZenFone 2 berbahaya untuk diinstal?

Kamis, 10 Maret 2016 18:29 Reporter : Bramy Biantoro
Update OTA Asus ZenFone 2 berbahaya untuk diinstal? Asus ZenFone 2 Laser dan ZenFone Selfie. © YouTube/Asus

Merdeka.com - Bagi Anda pemilik Asus ZenFone 2 atau versi lainnya (ZenFone 2 Laser, dan lain-lain), kemarin (09/03), tentu melihat notifikasi update software baru. Namun, ada baiknya Anda menunda terlebih dulu instalasi update ini, terutama ZenFone 2.

Ternyata, seperti yang banyak dilaporkan oleh pengguna Reddit dan beberapa pengguna di forum-forum Asus, update software via OTA (over the air) ini mengandung bug. Bug ini membuat memori internal smartphone terisi oleh data log hingga beberapa gigabyte. Ironisnya, data ini tidak terlalu berguna, Phone Arena (10/03).

Pada dasarnya, update sistem operasi seperti itu memang menghasilkan data log perbaikan yang pasca proses update akan dihapus. Nah, pada update kali ini, muncul bug yang membuat perangkat tidak bisa menghapus data log tadi.

Seluruh data log bermasalah ini tersimpan di bagian sistem partisi Android yang hanya bisa diakses lewat rooting, tepatnya folder data/logs/modemcrash. Celakanya, isi folder ini akan terus bertambah seiring dengan pemakaian hingga memori internal terisi sepenuhnya.

Jika pengguna ingin mengosongkan dan menghapus isi folder itu, satu-satunya cara adalah melakukan rooting yang otomatis menghilangkan garansi. Oleh sebab itu, pengguna yang sudah terlanjur melakukan instalasi update ZenFone 2 ini hanya bisa pasrah menunggu Asus memperbaiki bug di update itu.

Sayangnya belum jelas apakah bug update ini hanya berlaku di ZenFone 2 atau varian lain ZenFone 2, mengingat update dirilis hampir bersamaan, termasuk saat diumumkan di ZenTalk. [bbo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini