TV Analog di 5 Wilayah Ini Akan Berganti Digital, Apakah Bakal Dilakukan Serentak?

Kamis, 24 November 2022 11:17 Reporter : Fauzan Jamaludin
TV Analog di 5 Wilayah Ini Akan Berganti Digital, Apakah Bakal Dilakukan Serentak? Ilustrasi televisi. iStock

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dalam rapat kerja bersama DPR RI Komisi I menyebutkan dalam waktu dekat pihaknya akan mengumumkan wilayah-wilayah selanjutnya untuk mulai menghentikan siaran analog atau Analog Switch Off (ASO). Terdapat 5 wilayah dengan 6 kota/kabupaten yang bersiap migrasi ke siaran tv digital.

"Kami merencanakan akan melakukan pengumuman ASO dalam waktu dekat ini," kata Menkominfo.

Berikut daftar wilayah yang disebutkan Menkominfo akan segera dimatikan siaran analognya:

1. Jawa Barat I yakni Kota Bandung dan sekitarnya.
2. Jawa Tengah I yakni Kota Semarang dan sekitarnya
3. DI Yogyakarta yakni Kota Yogyakarta, Kota Surakarta, dan sekitarnya.
4. Jawa Timur I yakni Kota Surabaya dan sekitarnya,
5. Kepulauan Riau I yakni Kota Batam dan sekitarnya.

Menjadi pertanyaan, apakah lima wilayah itu akan berbarengan melakukan ASO?

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Usman Kansong mengatakan jika merujuk pada pernyataan Menkominfo maka hal tersebut masih begitu dinamis. Terutama tergantung dengan kesiapan wilayahnya.

"Kalau ke-5 wilayah tersebut siap, ASO bisa dilakukan bersamaan," kata Usman kepada Merdeka.com melalui pesan singkat, Kamis (24/11).

"Tetapi kalau dilihat kesiapan distribusi set top box (STB) bisa jadi berbeda-beda. Bandung-Batam lebih dulu, disusul DIY-Semarang, kemudian Surabaya. Namun, sekali lagi ini bersifat dinamis," tambah Usman.

Menurut Usman, faktor yang menentukan ASO ada tiga hal. Pertama, di wilayah tersebut sudah ada siaran analog: Kedua, Kesiapan lembaga penyelenggara Mulitpleksing, dan terakhir adalah pendistribusian STB.

"Dinamikanya umumnya pada syarat ketiga, yakni distribusi STB," ungkap dia.

Sebelumnya, Menkominfo menjelaskan bahwa dari 225 wilayah layanan siaran di Indonesia, sebanyak 132 wilayah layanan atau 230 kabuptaen/kota di antaranya sudah melakukan ASO.

"Terdiri ASO pada 30 April 2022 dilakukan di 4 wilayah layanan atau 8 kabupaten/kota, lalu ASO 5 Oktober dilakukan pada 14 wilayah layanan atau 35 kabupaten/kota, kemudian ASO Jabodetabek pada 2 November 2022 yakni 1 wilayah layanan terdiri dari 4 kabupaten/kota dan wilayah yang dilayani tv parabola dan kabel di 103 wilayah layanan terdiri dari 173 kabupaten/kota. 173 kabupaten/kota ini adalah wilayah yang belum ada siaran terrestrial," kata Johnny saat rapat bersama DPR RI Komisi I di Jakarta, (23/11).

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini