Tri Indonesia sebut Kriteria Utama Konsolidasi Harus Ada Sinergi

Jumat, 8 Maret 2019 15:12 Reporter : Fauzan Jamaludin
Tri Indonesia sebut Kriteria Utama Konsolidasi Harus Ada Sinergi BTS. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Konsolidasi perusahaan bukanlah hal yang mudah. Apalagi untuk operator seluler. Belakangan ini, isu konsolidasi semakin ramai. Pemerintah pun berharap agar nantinya operator seluler dapat merampingkan jumlah alias akuisisi supaya industri ini semakin sehat.

Wakil Presiden Direktur Utama PT Hutchison 3 Indonesia (Tri), Danny Buldansyah mengatakan, ada banyak hal yang harus dipikirkan jika akan melakukan konsolidasi. Salah satunya terkait dengan sinergi antar perusahaan. Sinergi yang dimaksudkan Danny, seperti dari sisi jaringan, pasar, organisasi, dan brand.

"Tentunya harus ada sinergi, kalau misalnya coveragenya di tempat yang sama persis itu gak ada, jadi kalau sinergi itu komplemen ya harus ideal. Berikutnya adalah sinergi organisasi, jadi sinergi CAPEX, sinergi brandnya bagaimana kuatnya dimana, kalau segmennya sama sinerginya akan berkurang. Kalau yang satu di kuat di milenial, jadi yang satu harusnya gak milenial," jelasnya saat bincang santai dengan awak media di Jakarta, Jumat (8/3).

Meski begitu, lanjut Danny, konsolidasi merupakan domain dari pemegang saham. Manajemen perusahaan hanya memastikan saja jangan sampai langkah yang dilakukan tidak tepat. Selain itu juga, bekerja keras untuk menjaga kinerja perusahaan.

"Tetapi kembali lagi, konsolidasi itu kan domainnya pemegang saham. Yang paling utama bagi kami di jajaran manajemen adalah jangan sampai jika konsolidasi dilakukan merugikan. Kalau kita mau beli pun harus sama," kata dia.

Sebelumnya, President Director & CEO PT Hutchison 3 Indonesia (Tri), Cliff Woo pun ikut menanggapi wacana tersebut. Dia menyebut pihaknya sangat terbuka lebar terkait dengan rencana konsolidasi.

"Bahkan, di beberapa wilayah operasi, kami justru mengambil peran utama sebagai pembeli atau yang mengakuisisi operator seluler. Ini pengalaman kami di beberapa pasar di luar negeri. Tetapi juga harus didukung dengan regulasi yang mendukung," jelasnya. [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Tri Indonesia
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini