Tokopedia Bangga Seller di Sulsel Tumbuh 59 Persen dalam Setahun

Jumat, 8 November 2019 09:22 Reporter : Lia Harahap
Tokopedia Bangga Seller di Sulsel Tumbuh 59 Persen dalam Setahun Tokopedia. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Kehadiran Tokopedia dalam kurun waktu satu dekade disambut baik para pelaku usaha mikro di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang mendapat pengaruh besar atas kehadiran Tokopedia adalah wilayah Sulawesi Selatan.

Pada tahun 2018 lalu, Tokopedia berkontribusi terhadap GDP (Gross Domestic Product) atau produk domestik bruto wilayah Sulsel sebesar Rp 523 miliar. Diprediksi, angka itu akan terus meningkat tahun ini mencapai Rp 1,4 triliun.

"Di 2018, Tokopedia juga turut berkontribusi terhadap total pendapatan rumah tangga di Sulawesi Selatan sebesar Rp 160 miliar. Dan di 2019, diprediksi meningkat menjadi Rp 440 miliar," kata External Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, di Makassar, Kamis (7/11).

Prediksi itu, katanya, berkaca pada semakin meningkatnya seller atau penjual di wilayah Sulsel yang membuka lapak usahanya di Tokopedia.

"Seller di Sulsel itu pertumbuhannya cukup signifikan sampai 59 persen dari 2018 ke 2019. Dan 30 persennya itu seller ke luar pulau," katanya.

Ekhel menambahkan, pada tahun lalu kategori produk yang paling banyak terjual dari wilayah Sulsel adalah kesehatan dan alat olahraga. Tokopedia, katanya, memang berkomitmen untuk terus relevan dengan kebutuhan masyarakat melalui berbagai inisiatif di tingkat lokal.

"Bagi kami, Makassar lebih penting daripada Manila dan Sukanagara lebih penting dibandingkan Singapura," katanya.

Ekhel berharap keberadaan Tokopedia semakin memudahkan masyarakat dalam menjalankan usahanya. Apalagi, untuk tahun ini aja terdapat 86,5 persen pedagang baru bergabung dengan Tokopedia. Yang artinya, angka lapangan kerja baru pun ikut mengalami peningkatan.

"Tokopedia telah menciptakan 857 ribu lapangan kerja baru dari penjual aktif Tokopedia yang berada di Aceh sampai Papua. Bahkan sebanyak 309 ribu di antaranya bahkan menjadikan Tokopedia sebagai sumber penghasilan utama," tegas Ekhel.

Saat ini, katanya, Tokoperdia terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem. Lebih kurang ada 6,6 juta penjual bergabung ke Tokopedia dengan jangkauan 97 persen kecamatan dengan jenis barang yang ditawarkan mencapai 200 juta jenis produk terdaftar. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Tokopedia
  2. Digital Startup
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini