Tiru iPhone 14, Samsung Galaxy S23 Bisa Terkoneksi Satelit?

Rabu, 30 November 2022 20:00 Reporter : Merdeka
Tiru iPhone 14, Samsung Galaxy S23 Bisa Terkoneksi Satelit? Samsung Galaxy S23. ©2022 Samsung Indonesia

Merdeka.com - Samsung Galaxy S23 dirumorkan sedang berupaya menghadirkan konektivitas satelit, menyusul Apple yang sudah lebih dulu menyematkan teknologi itu pada iPhone 14 dan iPhone 14 pro.

Dilansir dari GSMArena dan Android Central pada Rabu (30/11), jika iPhone 14 dan iPhone 14 Pro memanfaatkan koneksi satelit untuk fitur SOS Darurat melalui kerja sama dengan Globalstar, Samsung saat ini bekerjasama dengan Iridium, sebuah konstelasi satelit orbit Bumi Rendah berkekuatan 66 yang menyediakan layanan suara dan data.

Rupanya, tujuan Samsung menghadirkan koneksi satelitnya adalah agar memungkinkan pengguna menggunakan teknologi ini untuk mengirimkan data, seperti teks dan gambar. Pun teknologi ini dikabarkan sudah dikerjakan selama dua tahun dan tantangan mereka adalah menciptakan antena yang cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam perangkat.

Samsung sepertinya sudah mempertimbangkan negara mana saja yang dapat layanan koneksi satelit, yakni Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Rusia, serta Cina, terutama di bagian-bagian di mana infrastrukturnya tidak berkembang dengan baik. Sementara itu, Korea kemungkinan tidak terpilih karena luas daratan di sana kecil dan sangat tercakup dengan layanan 5G.

Menurut berbagai laporan dan rumor sebelumnya, Galaxy S23 akan secara eksklusif menggunakan versi binned yang lebih tinggi dari chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang baru saja diluncurkan, dan peluncurannya akan berlangsung pada minggu pertama bulan Februari.

Reporter magang: Dinda Khansa Berlian

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini