Tips Memotret Mobil di Sirkuit Menggunakan Smartphone Terkini

Selasa, 7 Juni 2022 19:51 Reporter : Syakur Usman
Tips Memotret Mobil di Sirkuit Menggunakan Smartphone Terkini Hasil potret di Sirkuit Mandalika dengan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G.. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Ajang motorsport dunia di Indonesia semakin banyak, setelah gelaran Formula E di Jakarta pada 4 Juni lalu. Sebelumnya Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, menggelar balap MotoGP pada Maret lalu.

Tentu banyak momen langka yang wajib diabadikan di event balap internasional itu.

Kini konsumen atau kreator konten tidak perlu repot-repot membawa kamera DSLR yang mahal dan tidak praktis. Menggunakan smartphone saja cukup, dan momen balap dengan ciamik dapat direkam.

”Merekam atau menangkap obyek bergerak memang jadi tantangan tersendiri dalam membuat konten yang epik,” ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, kemarin (6/6).

Menurut Verry, teknologi di smartphone Galaxy S22 Ultra 5G mampu mendukung serta memaksimalkan aktivitas luar ruangan pengguna.

“Mulai Nightography, Pro Mode, Space Zoom, Super Steady System, hingga Expert RAW. Sehingga pengguna tidak perlu lagi membawa kamera yang dapat mengganggu mobilitas dan memenuhi tas untuk mengabadikan momen. Galaxy S22 Series 5G mampu untuk mendapat konten yang epic dengan lebih praktis,” ujarnya.

Menggunakan smartphone seperti Galaxy S22 Ultra 5G untuk merekam foto atau video otomotif di Sirkuit Mandalika juga lebih praktis. Karena konten dapat diunggah langsung ke media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok tanpa perlu dipindah dari DSLR.

Ada beberapa fitur smartphone Galaxy S22 Ultra 5G yang tepat untuk memotret motorsport. Berikut cuplikannya:

Gunakan Pro Mode

Pro Mode memudahkan pengguna smartphone Galaxy S22 Ultra 5G untuk mengatur parameter, seperti ISO, white balance, hingga shutter speed secara manual dengan leluasa. Misalnya ISO lebih rendah dan white balance digunakan untuk menyesuaikan kondisi sirkuit, seperti Sirkuit Mandalika yang terik. Sehingga, warna langit dan kondisi trek sirkuit bisa sesuai keinginan. Overexposure, terlalu pucat, atau malah terlalu gelap bisa dihindari.

Shutter speed yang tepat penting untuk memotret mobil di sirkuit yang melaju kencang. Pengguna bisa memakai pengaturan manual untuk mendapatkan foto mobil yang lebih tajam, jernih, dan detail di berbagai kondisi pencahayaan.

Maksimalkan Fitur Space Zoom

Tantangan memotret mobil di sirkuit adalah jarak terlalu jauh dari bangku penonton dengan obyek mobil atau motor yang ingin diabadikan. Di sinilah fitur Space Zoom di Galaxy S22 Ultra 5G berperan besar. Sebab mampu memperbesar gambar maksimal 100 kali.

Menariknya, fungsi zoom di Galaxy S22 Series 5G tetap berkualitas (gambar tetap tajam). Ini berkat fitur Detail Enhancer berbasis AI canggih untuk meningkatkan kualitas foto dengan detail dan kedalaman warna lebih menawan. Termasuk mengurangi keburaman yang kerap muncul saat memotret dengan zoom. Ini berkat chipset Snapdragon 8 Gen 1 (4 Nm) sebagai prosesor terdepan di kelasnya, serta image signal processor (ISP) Snapdragon Sight 18-bit.

Dengan perbesaran gambar 30 kali, pengguna mendapat gambar mobil dengan sangat tajam. Tips buat Anda, mendapat perbesaran yang pas, diatur dengan mencubit layar, agar mobil yang tertangkap tetap detail dan fokus. Memotret saat mobil sedang menurunkan kecepatan saat berbelok di tikungan direkomendasikan karena lebih dramatis.

2 dari 3 halaman

Mode Burst

hasil potret di sirkuit mandalika dengan samsung galaxy s22 ultra 5g

©2022 Merdeka.com

Mode Burst artinya menahan tombol shutter hingga mendapat banyak frame dalam sekali jepret. Di pinggir sirkuit, pengguna bisa mengaktifkan mode burst dengan cara swipe tombol shutter ke bawah dan lepas jari untuk berhenti. Hasilnya, konsumen bisa menangkap banyak frame dalam sekali jepret. Ini sangat membantu untuk momen balapan.

Memanfaatkan mode Burst, puluhan frame bisa ditangkap sensor Galaxy S22 Ultra 5G. Tinggal dipilih momen terbaik yang ingin dibagikan.

Format RAW

Jika ingin hasil foto yang lebih epic, tidak ada salahnya menggunakan format RAW hingga 16 bit. Format RAW menangkap lebih banyak informasi atau data dibanding format JPEG. Dampaknya, pengguna bisa mengedit foto lebih leluasa.

Pengeditan foto RAW ini dipermudah lewat aplikasi Expert RAW dan koleksi preset dari Adobe Lightroom. Sehingga editing tools yang digunakan lengkap, dan gambar persis sesuai keinginan.

Aktifkan Super Steady System

Fitur Super Steady System di Galaxy S22 Ultra 5G memudahkan content creator membuat video mengitari mobil agar keseluruhan bodi kendaraan terlihat jelas.

Sebab, hasil video Galaxy S22 Ultra 5G sangat smooth alias minim getaran, seperti sedang menggunakan aksesoris gimbal atau stabilizer. Padahal, hanya dipegang menggunakan kedua tangan (hand held).

Selain tidak perlu ribet membawa alat/aksesoris pendukung, Super Steady System juga membuat pengguna lebih percaya diri untuk merekam video yang anti-shaky.

Berkat teknologi 12-bit HDR, Galaxy S22 5G dan S22+ 5G mampu mengumpulkan data warna 64x lebih banyak dari pendahulunya. Wajar jika hasil video terlihat vivid, bahkan di kondisi backlight sekalipun.

3 dari 3 halaman

Atur Kecerahan Layar dan Baterai

hasil potret di sirkuit mandalika dengan samsung galaxy s22 ultra 5g

©2022 Merdeka.com

Kondisi Sirkuit Mandalika yang sangat terik memberi tantangan sendiri bagi smartphone saat harus merekam video dan foto.

Pertama, layar menjadi tidak terlihat di bawah terik matahari. Kedua, ponsel mudah sekali panas saat dipakai merekam video.

Untungnya, layar besar 6.8 inci Dynamic AMOLED 2X (1440 x 3080 piksel) Galaxy S22 Ultra 5G yang immersive, adaptive refresh rate 120Hz, serta kecerahan puncak hingga 1.750 nits memungkinkan pengguna masih bisa melihat obyek di layar dengan jelas dan tajam.

Ini benar-benar memanjakan mata saat pengguna menatap layar.
Apalagi, ada Vision Booster yang otomatis menyesuaikan layar terhadap kondisi cahaya sekitar, jadi pengguna bisa menikmati tampilan terbaik dan paling jelas ketika membuat konten. Termasuk dibawah sinar matahari terik sekalipun.

Baterai besar 5.000 mAh Galaxy S22 Ultra 5G saat dicoba di sirkuit juga terbukti tetap irit dan tidak membuat ponsel panas. Lagi-lagi ini berkat prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang mampu meningkatkan efisiensi konsumsi baterai hingga 30 persen.

Fitur In-App Camera

Galaxy S22 Ultra 5G memiliki fitur in-app camera yang membuat membagikan hasil foto dan video mobil yang direkam di Sirkuit Mandalika ke Instagram, TikTok, hingga Snapchat jadi lebih mudah dan praktis.

Galaxy S22 Series 5G didapat dengan harga mulai Rp 11,99 juta (S22 5G), Rp 14,99 juta (S22+ 5G), dan Rp 17,99 juta (S22 Ultra 5G).

Galaxy S22 5G dan S22+ 5G tersedia dalam warna Phantom White, Phantom Black, Green, dan Pink Gold, lalu Galaxy S22 Ultra 5G hadir dengan opsi warna Phantom Black, Phantom White, Green, dan Burgundy.

[sya]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini