[Tips] Cara aman mengamati gerhana matahari

Kamis, 9 Mei 2013 10:10 Reporter : Alvin Nouval
[Tips] Cara aman mengamati gerhana matahari Gerhana Matahari. REUTERS

Merdeka.com - Gerhana matahari besok memang sayang jika dilewatkan. Namun, Anda yang ingin mengamatinya juga tidak boleh sembarangan. Salah-salah, penglihatan Anda yang jadi korbannya.

Gerhana matahari memang diyakini memiliki sinar radiasi yang mampu mengganggu penglihatan. Gangguan ini bisa menyebabkan kebutaan sesaat hingga permanen.

Namun, bukannya tidak mungkin bagi kita untuk mengamati fenomena alam ini dengan benar. Setidaknya, ada beberapa cara yang aman untuk mengamati kejadian ini.

Cara pertama, adalah dengan memanfaatkan pantulan cermin. Untuk bisa melakukannya, Anda harus mengarahkan sinar matahari dengan cermin ke tanah. Bayangan yang ada di tanah inilah yang bisa kita nikmati dengan nyaman.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan refleksi dari dua kertas tebal. caranya, kertas pertama dilubangi kecil dan ditempatkan di depan kertas satunya dengan sudut kemiringan menghadap matahari. Pantulan di kertas kedua ini yang bisa dilihat.

Cara terakhir adalah dengan memanfaatkan perlengkapan yang memang dipersiapkan secara profesional untuk melihat gerhana ini. Bisa dengan topeng khusus, filter teropong khusus, dan sebagainya. Namun, Anda harus bisa memastikan dulu apakah perlengkapan ini masih layak untuk digunakan.

Selain dengan perlengkapan di atas, jangan sekali-kali berani mencoba mengawasi gerhana ini secara langsung. Jika tidak, penglihatan Anda yang sangat berharga akan menjadi korbannya.

Sumber: The Chronicle (13/11/12) [nvl]

Topik berita Terkait:
  1. Astronomi
  2. Gerhana Matahari
  3. Tekno Tips
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini