Tips Ampuh Hemat Paket Data Internet, Uang Jajan Aman!

Rabu, 21 Agustus 2019 15:32 Reporter : Indra Cahya
Tips Ampuh Hemat Paket Data Internet, Uang Jajan Aman! Ilustrasi menggunakan smartphone. shutterstock

Merdeka.com - Lewat smartphone kita bisa mengakses banyak sekali hal. Mulai dari media sosial, streaming musik dan konten video, hingga navigasi peta.

Meski demikian, hal ini tak gratis. Jika Anda tak dapat wifi gratis, paket data internet harus Anda bayar secara bulanan. Kuota pun terbatas, dengan makin besar kapasitas kuota makin mahal.

Dengan ini, Anda harus cermat dalam mengelola kuota internet Anda, sesuai dengan kemampuan dan daya beli Anda.

Nah, berikut ini ada beberapa cara ampuh untuk menghemat paket data. Cara yang dilakukan berkisar dari perubahan setelan hingga mengubah pola pakai untuk jadi makin cerdas. Berikut ulasannya, melansir Mashable.

1 dari 2 halaman

Kenali Seluk-Beluk Smartphone dan Aplikasi Anda

Langkah paling tepat untuk memperbaiki masalah keborosan data internet, adalah melakukan diagnosis terhadap semua hal terkait smartphone Anda.

Pertama, Anda harus mencari tahu aplikasi apa yang menyedot data paling banyak. Hal ini bisa Anda lihat di bagian setting lalu aplikasi. Biasanya, aplikasi seperti YouTube dan Spotify adalah yang memakan data Anda.

Langkah yang bisa dilakukan adalah mematikan data berdasarkan aplikasi, dan buat hanya bisa diakses lewat wifi. Anda juga bisa menyetelnya untuk berhenti secara otomatis jika Anda tak tersambung wifi.

Hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan mematikan fitur Wifi Assist di iOS, atau Adaptive Wifi di Android. Ini adalah fitur di mana konektivitas akan berpindah ke paket data ketika wifi sedang kurang stabil. Dengan ini, data Anda bisa terselamatkan.

2 dari 2 halaman

Beralih Dari Streaming ke Download

Streaming musik di perjalanan pulang kantor atau kuliah, serta di berbagai kondisi santai Anda, tentu bisa menguras data Anda.

Hal yang perlu dilakukan sebenarnya cukup mudah. Cobalah unduh lagu-lagu favorit Anda ketika Anda tersambung wifi. Hal ini bisa juga dilakukan untuk Youtube dengan mengunduh deretan kanal favorit Anda untuk ditonton tanpa data.

Di Spotify, pengunduhan hanya bisa dilakukan pengguna Premium. Ini adalah paket menarik di mana Anda harusnya berlangganan premium untuk mengunduh lagu favorit sesuka Anda ketimbang uang tersebut dihabiskan untuk membeli lagi paket data.

Sementara untuk Youtube, setiap pengguna bisa mengunduh video untuk ditonton secara offline, namun pengaksesan tetap harus lewat aplikasi. [idc]

Baca juga:
Tips Simpan Video Facebook di Android Maupun iOS
Cara Nonaktifkan Internet Untuk Aplikasi Tertentu di Android
Ini Alasan Mengapa Tidak Disarankan Untuk Beli iPhone Jelang September
Cara Blokir Notifikasi Mengganggu di Google Chrome
Cara Intip Last Seen WhatsApp Pengguna yang Disembunyikan, Ternyata Bisa!
Cara Hapus Seseorang Dari Follower Instagram Anda

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Tekno Tips
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini