Tiongkok Larang Penjualan Rokok Elektrik di Internet

Selasa, 5 November 2019 06:21 Reporter : Fauzan Jamaludin
Tiongkok Larang Penjualan Rokok Elektrik di Internet Ilustrasi Wanita Mengisap Vape. ©iStockphoto

Merdeka.com - Tiongkok resmi melarang penjualan rokok elektrik di internet. Pelarangan ini salah satunya merupakan upaya pemerintah setempat untuk menghentikan, atau setidaknya mencegah, anak-anak di bawah umur membeli rokok elektrik di kanal penjualan online.

"Untuk lebih memperkuat perlindungan kesehatan fisik dan mental anak di bawah umur, kami mendesak produsen, pengecer, atau penjual individu rokok elektrik untuk sementara waktu menutup situs web atau saluran penjualan online," kata regulator Tiongkok, dikutip dari Reuters, Senin (4/11).

Selain itu, e-commerce platform juga didesak "untuk sementara waktu menutup lapak-lapak penjualan online rokok elektrik."

Sebelumnya, kebijakan serupa telah diterapkan di Amerika Serikat belum lama ini. Namun bedanya, pemerintah AS lebih menggarisbawahi dampak kesehatan dari produk tersebut.

Hal yang juga patut menjadi sorotan adalah saat ini sejumlah startup di Tiongkok berlomba untuk menguasai pangsa pasar rokok elektrik.

Untuk diketahui, Tiongkok merupakan pasar perokok terbesar dunia, di mana ada sekitar 300 juta perokok aktif di sana. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Rokok Elektrik
  2. China
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini