Tiongkok Berhasil Daratkan Pesawat Ruang Angkasa, Siap Misi ke Bulan

Kamis, 14 Mei 2020 14:42 Reporter : Indra Cahya
Tiongkok Berhasil Daratkan Pesawat Ruang Angkasa, Siap Misi ke Bulan Roket China meluncur ke luar angkasa. ©REUTERS/China Daily

Merdeka.com - Setelah uji coba meluncur beberapa waktu lalu dan berhasil melakukan serangkaian manuver, pesawat ruang angkasa masa depan besutan Tiongkok berhasil mendarat.

Melansir Engadget, pesawat ruang angkasa yang dibangun oleh kontraktor ruang angkasa Tiongkok yakni China Aerospace Science and Technology Corp (CASC), purwarupa kendaraan antariksa ini berhasil mendarat di sebuah gurun.

Pesawat ini rencananya bakal mengangkut para astronot ke stasiun ruang angkasa milik Tiongkok sendiri. Tujuan akhir dari kesemua misi ini, adalah Bulan.

Berhasilnya uji coba mendarat adalah sesuatu yang sarat prestasi. Pasalnya, melontarkan pesawat ke angkasa mungkin sudah banyak dilakukan, yang masih mustahil adalah cara mendarat dengan selamat di permukaan Bulan.

1 dari 1 halaman

Pesawat ruang angkasa Tiongkok ini melalui uji coba berupa naik ke orbit setinggi lebih dari 8.000 kilometer dengan roket bernama Long March 5B China. Setelah berada di orbit, pesawat ini menyelesaikan tujuh manuver penyesuaian orbital.

Setelah selesai, pessawat melakukan pembakaran deorbit, pemisahan kru dan modul servis, dan kembali ke Bumi untuk mendarat di gurun Dongfeng, Tiongkok.

Pesawat yang dirancang membawa awak hingga enam orang astronot ini melakukan pendaratan yang dianggap sukses. Beberapa hal yang masih harus diperbaiki lagi adalah kerusakan kapsul kargo yang sebenarnya sudah diengkapi pelindung panas.

Jika uji coba makin sempurna, pendaratan di Bulan nampaknya bukan mustahil dilakukan bagi para astronom Tiongkok. [idc]

Baca juga:
Segera, NASA Bakal Kembali Luncurkan Misi Luar Angkasa Berawak
Ini yang Bakal Terjadi Jika Pesawat Terbang Terlalu Tinggi, Bahaya?
Ilmuwan Prancis Coba Lawan Covid-19 Dengan Nikotin, Berhasil?
Laboratorium Stanford University Buat APD Dari Perlengkapan Selam
Asteroid Muncul Lewati Bumi, Dipastikan Tak Hantam Bumi
Vaksin Corona Berhasil Kebalkan Kera, Ada Harapan Untuk Manusia?
Pentagon Rilis Video yang Diduga Penampakan UFO

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sains
  3. Penelitian Luar Angkasa
  4. China
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini