Tim Berners-Lee ajak masyarakat gunakan internet untuk hal baik

Jumat, 9 November 2018 14:31 Reporter : Fauzan Jamaludin
ilustrasi internet. © sdasia.co

Merdeka.com - Tim Berners-Lee meluncurkan kampanye selamatkan internet dari berbagai hal yang bersifat merusak, misalnya saja kekerasan, diskriminasi, manipulasi politik, dan ancaman lain yang mengganggu dunia online. Tim Berners-Lee merupakan penemu World Wide Web.

Pernyataannya itu dilontarkan saat membuka acara Web Summit di Lisbon, Portugal. Ajakannya itu diperuntukan bagi pemerintah, perusahaan, dan individu untuk mendukung Contract for the Web. Ini bertujuan untuk melindungi hak dan kebebasan pengguna internet.

Lebih dari 50 organisasi telah menandatangani kontrak yang diterbitkan Yayasan World Wide Web Berners-Lee itu. Inisiatif ini dilandasi adanya perasaan bahwa hal-hal luar biasa di web akan mendominasi.

Untuk itulah, dirinya mencetuskan kontrak untuk membuat dunia maya lebih manusiawi, mendukung ilmu pengetahuan, dan demokrasi.

"Dengan adanya ini, konflik di dunia akan lebih sedikit, lebih banyak pemahaman, ilmu dan demokrasi yang lebih baik," kata dia seperti dilaporkan dari The Guardian, Jumat (9/11).

Dengan ini, pemerintah, perusahaan, dan individu harus memastikan bahwa warganya memiliki akses ke semua internet, sepanjang waktu, dan privasinya dihormati. Sehingga, pengguna bisa bebas internetan dengan aman dan tanpa rasa takut.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Agustin Setyo Wardani [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Internet
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini