THR makin diburu untuk dibelanjakan

Selasa, 30 Mei 2017 15:53 Reporter : Fauzan Jamaludin
THR makin diburu untuk dibelanjakan Pemaparan perilaku konsumen jelang lebaran dari Shopback. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - ShopBack pada Mei 2017 lalu baru saja melakukan survei online terhadap penggunanya jelang lebaran. Survei yang dilakukannya itu mengikutsertakan 300 responden di lima kota besar yakni Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan Bandung. Hasil dari survei itu pun memantik perhatian soal pos-pos anggaran yang dipakai saat bulan Ramadan dan Lebaran untuk berbelanja.

Menurut Vice President Marketing ShopBack Indonesia, Inge Kosasih, mengatakan berdasarkan dari survei tersebut menemukan fakta bahwa 52,20 persen sebagian konsumennya akan menggunakan dana dari Tunjangan Hari Raya (THR) untuk keperluan. Sementara, sebagiannya merencanakan mengambil dana yang tersimpan di tabungan 23,90 persen atau mengambil dari gaji sebesar 23,90 persen.

“Rata-rata mereka (responden) akan spending 50 persennya dari THR untuk melakukan belanja,” ungkap Inge kepada Merdeka.com usai acara pemaparan perilaku konsumen jelang lebaran di kantor ShopBack, Jakarta, Selasa (30/5).

Dikatakannya juga, jumlah pengeluaran yang direncanakan oleh konsumen untuk berbelanja online sangat bervariasi. Sebagian besar konsumen 64,60 persen mengatakan akan melakukan pengeluaran sebesar Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta. Sedangkan 34,40 persen lainnya berencana akan berbelanja online di kisaran Rp 100 ribu hingga Rp 499 ribu.

“Jadi ada sekitar 40,60 persen responden yang mengatakan akan menggunakan sebagian besar THR nya itu untuk berbelanja,” kata dia.

Survei yang dilakukan ShopBack juga hampir sama dengan survey yang dilakukan oleh e-commerce lainnya. Dalam hal ini soal kategorinya. Kategori Fashion paling diminati konsumen belanja online Indonesia sebesar 81,9 persen. Tiga produk fashion yang diminati seperti baju koko (54,5 persen), baju gamis (53,1 persen), dan hijab (44,1 persen). [idc]

Topik berita Terkait:
  1. E Commerce
  2. Online Shop
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini